Tautan-tautan Akses

Menkeu AS: Konsensus Tercapai bagi Pengurangan Defisit


Menteri Keuangan Timothy Geithner akhir-akhir ini kerap tampil di televisi untuk berbicara mengenai plafon utang AS.

Menteri Keuangan Timothy Geithner akhir-akhir ini kerap tampil di televisi untuk berbicara mengenai plafon utang AS.

Menkeu Timothy Geithner mengatakan tidak setuju dengan penurunan peringkat prospek ekonomi Amerika oleh S&P, Senin, dari stabil menjadi negatif.

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan ada konsensus antara Gedung Putih dan para pemimpin Kongres untuk menaikkan plafon utang negara yang saat ini dipatok di tingkat 14,3 triliun, sekaligus menurunkan defisit negara sebanyak empat triliun selama 10 sampai 12 tahun ke depan.

Menteri Keuangan Timothy Geithner mengatakan kepada jaringan televisi CNBC, Selasa, bahwa tantangan tersebut menakutkan bagi para pemimpin Demokrat dan Republik dalam menyepakati cara mengurangi utang jangka panjang, tapi mereka akan mencapainya.

Ia mengatakan kemungkinan tersebut lebih baik sekarang dibanding sebelumnya untuk menetapkan target kredibel untuk mengurangi utang. Katanya, penting untuk mulai menurunkan beban utang agar prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang meningkat.

Geithner tidak setuju dengan penurunan peringkat prospek ekonomi Amerika oleh Standard & Poor's pada hari Senin, dari “stabil” menjadi “negatif.” Katanya, Amerika adalah negara yang lebih muda dibanding yang lain dengan peringkat "AAA" dan komitmennya terhadap berbagai program sosial lebih kecil dibanding negara lain dengan peringkat tertinggi yang sama.

Tapi, ia memperingatkan bahwa Amerika harus bertindak untuk memulai penurunan hutang. Menurut Geithner, terus meminjam 40 sen dari setiap dolar yang dibelanjakan adalah sesuatu yang tidak dapat dipertahankan.

Kongres yang dikuasai Partai Republik dan Gedung Putih yang dipimpin Presiden dari Partai Demokrat Barack Obama, telah mengusulkan rencana pengurangan defisit yang bersaing.

Kongres telah menyetujui rencana anggaran 2012 yang akan memangkas pengeluaran sampai 6 triliun dolar selama 10 tahun ke depan, sebagian dengan membenahi dan merampingkan pengeluaran pemerintah untuk layanan kesehatan bagi manula dan warga miskin. Obama mengusulkan paduan pengurangan pengeluaran dan kenaikan pajak bagi orang kaya.

XS
SM
MD
LG