Tautan-tautan Akses

Menkeu AS Ingin Kontrol Devaluasi Mata Uang dalam G-20


Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin (foto: dok).

Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin hari Jumat (17/3) bertolak ke Jerman untuk menghadiri pertemuannya yang pertama dengan para menteri keuangan G-20. Mnuchin akan hadir pada konferensi Menkeu G-20 dengan membawa sebuah pesan bahwa pemerintahan baru Presiden Donald Trump tidak akan mentolerir negara apapun yang berupaya mendevaluasi mata uang mereka untuk meraih keuntungan dari perdagangan yang tidak adil.

AS mengalami defisit perdagangan 502 miliar dolar tahun lalu, selisih antara nilai ekspor dengan nilai impornya yang lebih besar.

Meskipun Trump telah berjanji untuk mengakhiri perjanjian perdagangan multi-nasional, itu adalah angka yang bisa tumbuh dengan menguatnya dolar AS, mendorong biaya manufaktur AS dan menyulitkan upaya untuk menjual produk AS ke luar negeri.

Sejak masa kampanye, Trump telah mengeluhkan bahwa mata uang yuan dan mata uang euro terlalu lemah, sehingga memberi Beijing dan blok euro yang beranggotakan 19 negara itu keuntungan perdagangan yang tidak adil dengan AS.

Presiden baru itu kerap menyerang lantang nilai tukar mata uang China, meskipun dia sedang merencanakan KTT dua hari bulan depan di Florida dengan Presiden China Xi Jinping. [vm/al]

XS
SM
MD
LG