Tautan-tautan Akses

AS

Menkeu AS Dorong Ukraina Restrukturisasi Utang


Menteri Keuangan Amerika Jack Lew (Foto: dok).

Menteri Keuangan Amerika Jack Lew (Foto: dok).

Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yasenyuk dan Menteri Keuangan Natalie Jaresko mengunjungi Washington DC untuk meminta kucuran pinjaman kedua $ 17,5 milyar dari IMF bagi ekonomi Ukraina.

Menteri Keuangan Amerika Jack Lew, Selasa (6/9), mendorong para pemimpin Ukraina agar terus berusaha merestrukturisasi utang mereka, dengan mengatakan pinjaman IMF mengharuskan setiap pihak untuk ikut berkrban.

Lew bertemu di Washington dengan Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yasenyuk dan Menteri Keuangan Natalie Jaresko, hari Selasa (9/6). Keduanya datang ke Washington untuk meminta IMF agar memberi kucuran kedua $ 17,5 milyar pinjaman bagi ekonomi Ukraina yang sedang mengalami kesulitan.

IMF selalu menuntut agar penerima pinjaman melakukan reformasi ekonomi yang berat sebelum mengucurkan dana.

Yatsenyuk mengatakan kepada Dewan Atlantik di Washington, Selasa (6/9) bahwa pemerintahnya telah melakukan semua yang dapat dilakukan untuk menutupi defisit anggaran, termasuk membekukan anggaran sosial dan memotong sejumlah program kesejahteraan sosial.

Ia mengatakan Ukraina masih membutuhkan sejumlah besar bantuan keuangan, dan menyebut pemulihan kestabilan ekonominya “proyek dunia bebas.”

Yatsenyuk menyebut Ukraina yang sehat jawaban terbaik bagi Rusia dan Presiden Vladimir Putin.

Perang melawan separatis yang dibantu Rusia di Ukraina timur telah turut mendorong negara itu ke ambang kebangkrutan.

Washington berencana menjamu konferensi investasi Ukraina-Amerika bulan depan, dalam usaha menarik dana yang sangat dibutuhkan ke Ukraina.

XS
SM
MD
LG