Tautan-tautan Akses

AS

Menkeu AS akan Kunjungi China Minggu Depan


Menkeu AS Jacob Lew akan melakukan kunjungan ke China untuk membahas hubungan ekonomi kedua negara (foto: dok).

Menkeu AS Jacob Lew akan melakukan kunjungan ke China untuk membahas hubungan ekonomi kedua negara (foto: dok).

Menkeu Jacob Lew akan berkunjung ke China untuk mengadakan pembicaraan mengenai berbagai isu ekonomi yang dihadapi kedua negara.

Menteri Keuangan Amerika yang baru Jacob Lew akan ke China minggu depan untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat-pejabat penting mengenai berbagai isu ekonomi yang dihadapi kedua negara.

Presiden Amerika Barack Obama hari Kamis mengemukakan tentang kunjungan mendatang tersebut dalam pembicaraan telepon dengan Presiden China Xi Jinping untuk memberi ucapan selamat atas jabatan barunya. Presiden Obama mengatakan Menteri Luar Negeri John Kerry juga akan berkunjung ke Beijing dalam beberapa minggu mendatang.

Presiden Obama memberitahu Presiden Xi adalah penting bagi kedua negara membahas ancaman keamanan di dunia maya. Pejabat-pejabat Amerika telah menyuarakan keprihatinan yang meningkat dalam beberapa hari ini mengenai serangan peretas yang berasal dari China.

Gedung Putih mengatakan Presiden Obama memberitahu pemimpin China itu Amerika menyambut baik komitmen China “untuk melangkah ke arah fleksibilitas lebih besar” kurs mata uang untuk membuat eksportir Amerika bisa menjual produk lebih murah di China. Presiden Obama juga mengatakan penting bagi kedua negara yang ekonominya terbesar di dunia untuk bekerja sama memperluas kesempatan perdagangan dan investasi dan juga melindungi hak cipta.

Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin sepakat untuk mengadakan kontak secara langsung dan sering.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry akan mengunjungi Asia Timur dan Tenggara dalam beberapa bulan mendatang sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan diplomasi regional.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland hari Kamis mengatakan bahwa Menteri Kerry akan berkunjung ke Korea, Jepang dan China setelah pertemuan dua hari Menteri-menteri Luar Negeri G-8 di London yang akan dimulai 10 April.

Kerry juga dijadwalkan untuk menghadiri KTT ASEAN di Brunai Darusalam bulan Juni.

Nuland mengatakan Menteri Luar Negeri Kerry akan mengunjungi beberapa negara ASEAN sebagai bagian dari lawatan itu namun Nuland tidak merincikan negara-negara yang akan dikunjungi Kerry.
XS
SM
MD
LG