Tautan-tautan Akses

Meningkatnya Kelompok Minoritas Pengaruhi Pilpres AS


Warga Hispanik melakukan unjuk rasa menuntut hak-hak imigran di Chicago (foto: dok). Populasi warga Hispanik di AS terus melonjak.

Warga Hispanik melakukan unjuk rasa menuntut hak-hak imigran di Chicago (foto: dok). Populasi warga Hispanik di AS terus melonjak.

Pada tahun 2044 kelompok-kelompok minoritas diperkirakan akan menjadi mayoritas penduduk Amerika.

Transformasi politik Amerika sedang terjadi dalam skala kecil di Prince William County – Virginia, yang terletak sekitar 40 kilometer sebelah barat daya Washington DC.

Corey Stewart mengetuai dewan distrik setempat. Ia tinggal di rumah bersejarah di mana George Washington berada ketika sedang berbulan madu. Stewart mengatakan rumah itu sangat mirip dengan Mount Vernon – kediaman Washington sebelum bangunan itu diperbesar dan diperluas.

“Jika ingin melihat bagaimana bentuk asli Mount Vernon, datanglah ke Bel Air,” ujar Stewart.

Menurut sejarah, Prince William County adalah kawasan yang biasanya dikuasai Partai Republik. Enam dari delapan anggota dewan distrik adalah anggota Partai Republik. Tetapi dominasi partai itu bisa menjadi bagian sejarah seperti juga rumah Stewart itu.

Tapi distrik itu sedang berubah. Perluasan pinggiran kota Washington Washington telah mengepung kediaman Stewart. Meningkatnya lapangan kerja dan biaya hidup yang relatif rendah di distrik Prince William County telah menarik banyak warga, khususnya dari kelompok minoritas. Jumlah warga Hispanik, Asia dan Afrika-Amerika mengalahkan jumlah warga kulit putih.

Dan kelompok-kelompok minoritas itu tidak memilih Partai Republik.

“Seiring perubahan di distrik ini, yang membuatnya menjadi lebih beragam, kita juga melihat distrik ini semakin beralih ke Partai Demokrat," ujar pakar politik Universitas Mary Washington – Prof. Stephen Farnsworth.

Barack Obama memenangkan pemilihan presiden di Prince William County pada tahun 2008 dan 2012. Distrik itu terakhir kali memilih presiden Demokrat pada tahun 1964.

Perubahan demografi yang sedang terjadi di Prince William County itu juga sedang terjadi di seluruh Amerika. Pada tahun 2044 kelompok-kelompok minoritas diperkirakan akan menjadi mayoritas penduduk Amerika.

"Ini menjadikan Prince William County sebagai “bellwether county” atau negara bagian percontohan ujar Stewart. “Ini hampir merupakan cerminan Amerika itu sendiri."

Jadi mungkin mengejutkan jika Stewart kini mengelola kampanye Donald Trump dari Partai Republik, di Virginia. Trump yang merupakan unggulan Partai Republik telah merujuk sejumlah imigran Meksiko sebagai penjahat dan pemerkosa, dan telah mengusulkan larangan bagi imigran Muslim.

Carlos Castro adalah pendiri dan CEO Supermarket Todos, yang punya dua toko supermarket di Prince William County. Setiap toko “adalah toko dengan warna hispanik,” ujar Castro.

Castro – pemenang beberapa penghargaan bisnis – pertama kali tiba di Amerika tahun 1980 sebagai imigran tanpa dokumen, yang melarikan diri dari perang saudara di El Salvador. Kini ia adalah warga negara Amerika dan berhak memilih. Ia tidak memilih Partai Republik, dan tentunya tidak memilih Donald Trump.

Castro mengatakan ia tidak mengatasnamakan setiap orang, tetapi “komunitas Hispanik pada umumnya merasa diabaikan oleh Partai Republik. Dan jelas retorika Donald Trump tidak membantu sama sekali”.

Profesor Farnsworth mengatakan Trump dan Stewart adalah pasangan ideal. “di antara banyak pekerjaan yang dilakukannya, salah satu yang dilakukan Corey Stewart adalah sebagai politisi anti-imigran”, ujar Farnsworth.

Stewart memimpin penggerebekan imigran yang tidak memiliki dokumen resmi, dan menarik perhatian nasional. Ia menyampaikan keprihatinan bahwa anak-anak imigran yang tidak memiliki dokumen mungkin membawa penyakit. “Bahwa Stewart akan benar-benar mengikuti Donald Trump, sangat mungkin," ujar Farnsworth.

“Salah satu hal yang terjadi di daerah-daerah yang sangat beragam adalah politisi yang sangat keras justru bisa menang di lingkungan itu”, tambah Farnsworth. Ketika kelompok minoritas berkembang, “ada kesempatan sangat besar bagi pemilih kulit putih untuk bicara lebih banyak tentang agenda pro-kulit putih. Politik bisa benar-benar menghancurkan imigran.”

Tetapi Stewart mengatakan ia tidak anti-imigran. Ia mencontohkan penggerebekan imigran tanpa dokumen. “Keanekaragaman bukan masalah”, ujar Stewart. “Faktanya jika ada orang yang datang ke Amerika secara illegal dan melakukan kejahatan, pemerintah federal tidak peduli. Kejahatan kini menurun," ujarnya.

“Keragaman di Prince William County justru sangat baik”, tambah Stewart. “Campuran agama, etnik, cita rasa masakan – semuanya menjadikan Prince William County menjadi tempat yang lebih menarik”.

Stewart – anak seorang buruh pelabuhan di Minnesota – mengatakan ia bisa memahami “pendekatan langsung dan sangat kasar yang disampaikan Donald Trump. Ia hanya mengatakan apa yang diyakininya. Saya kira orang melihat hal itu sebagai hal yang menarik”.

Stewart meragukan daya tarik Partai Demokrat pada para pemilih yang merasa diabaikan oleh pemerintah federal.

Dalam politik – kata beberapa pakar – demografi tidak selalu menentukan nasib. Warga minoritas yang ikut pemilu sebelumnya cenderung sedikit.

Castro mengatakan warga Hispanik dan lainnya bekerja keras untuk mengajak para pemilih ke TPS. “Ada dorongan kuat dari seluruh kelompok minoritas, tetapi hal ini membutuhkan waktu. Butuh waktu dan pekerjaan besar”.

Siapa yang akan memenangkan jabatan di Gedung Putih nanti akan sangat tergantung pada siapa yang datang ke TPS-TPS bulan November nanti. [em/ii]

XS
SM
MD
LG