Tautan-tautan Akses

Menhan Perancis ‘Optimistis’ Mengenai Kekalahan ISIS


Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian di Riga, Latvia (Foto: dok).

Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian di Riga, Latvia (Foto: dok).

Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian mengatakan ISIS telah kehilangan 30 hingga 40 persen teritorinya sejak Juni 2014.

Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian, Kamis (21/4) mengatakan kini kondisi semakin baik untuk memberantas kelompok ISIS.

Ia menunjukkan sikap hati-hati dalam pesannya di radio France Info itu, tetapi mengatakan bahwa untuk pertama kalinya ia merasa optimistis.

Perancis adalah anggota koalisi yang dipimpin Amerika yang melancarkan serangan-serangan udara terhadap ISIS di Irak dan Suriah, sementara pasukan lokal dan kelompok-kelompok sekutu memerangi militan di darat.

Le Drian mengatakan ISIS telah kehilangan 30 hingga 40 persen teritorinya sejak Juni 2014. Ia juga menyoroti tujuan koalisi mengusir militan kelompok itu keluar kota Mosul di Irak Utara dan ibukota de fakto kelompok tersebut di Raqqa, Suriah, sebelum akhir tahun ini.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dalam wawancara dengan CBS News yang ditayangkan hari Senin bahwa ia memperkirakan pada akhir 2016, kondisinya telah siap untuk merebut kembali kota Mosul. [uh/ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG