Tautan-tautan Akses

AS

Menhan Baru Amerika akan Kunjungi Asia


Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter akan berkunjung ke Asia (foto: dok).

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter akan berkunjung ke Asia (foto: dok).

Menhan AS Ash Carter akan melawat ke Jepang, Korea Selatan, Singapura dan India mulai minggu depan.

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter akan melawat ke Jepang dan Korea Selatan minggu depan, kunjungan pertamanya sejak memimpin Pentagon bulan Februari lalu.

Lawatan yang akan dimulai Senin (6/4) itu akan menjadi satu dari dua ke kawasan tersebut dalam dua bulan mendatang. Bulan Mei, Carter akan menuju Singapura untuk menghadiri konferensi pertahanan Shangri-La Dialogue. Dari sana ia akan berkunjung ke India.

Lawatan ini berlangsung ditengah meningkatnya ketegangan terkait sengketa klaim atas sejumlah pulau di Laut Cina Selatan antara China dan negara-negara tetangganya.

Memulai lawatannya minggu depan, Carter akan singgah untuk berpidato di Universitas Negeri Arizona mengenai hubungan antara keamanan nasional dan keamanan ekonomi. Pernyataan dari Pentagon menyebutkan ia juga akan berbicara tentang pengaturan ulang fokus Amerika di kawasan Asia Pasifik, seperti yang diumumkan Presiden Barack Obama tahun 2012 lalu.

Di Jepang, Carter akan bertemu para pejabat untuk membahas isu-isu bilateral menjelang kunjungan Perdana Menteri Shinzo Abe ke Washington akhir bulan ini. Carter akan tiba di Seoul hari Kamis dan bertemu para pejabat Korea Selatan.

Mengakhiri kunjungannya, Menhan Carter akan melawat ke Komando Pasifik Amerika di Hawaii dan bertemu para pejabat militer Amerika di sana.

XS
SM
MD
LG