Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Tiongkok dan AS Tidak Harus Bermusuhan


Menteri Pertahanan AS, Robert Gates

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates

Menhan Robert Gates mengatakan hari Kamis bahwa ia ingin sekali menjajaki apa yang disebutnya 'kepentingan bersama' antara AS dan Tiongkok.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan tidak ada alasan bagi Tiongkok dan Amerika Serikat untuk bermusuhan.

Gates mengatakan pada sebuah televisi Amerika hari Kamis bahwa ia ingin sekali menjajaki apa yang disebutnya “kepentingan bersama” antara Amerika dan Tiongkok.

Ia mengatakan kepentingan ini mencakup program nuklir Iran dan Korea Utara, pembajakan, dan memerangi terorisme. Gates mengatakan menemukan cara bagi militer Amerika dan Tiongkok untuk bekerjasama akan menghasilkan kesempatan bagi kedua pihak untuk membina hubungan yang lebih baik.

Gates berencana untuk berangkat hari Sabtu untuk melakukan kunjungan resmi yang pertama ke Tiongkok sejak tahun 2007. Tiongkok memutuskan hubungan militer dengan Amerika Serikat tahun lalu sebagai protes atas penjualan senjata Amerika kepada Taiwan.

Para pejabat Amerika ingin sekali mengusahakan pemulihan hubungan tersebut. Wakil Asisten Menteri Pertahanan Michael Schiffer, mengatakan hari Kamis bahwa hubungan yang terputus-putus dengan Tiongkok berbahaya.

XS
SM
MD
LG