Tautan-tautan Akses

Menhan AS Tekankan Pentingnya Hubungan Militer Erat AS-Tiongkok


Menhan AS Leon Panetta berjabat tangan dengan Menhan Tiongkok Liang Guanglie dalam kunjungannya di Beijing, Selasa (18/9).

Menhan AS Leon Panetta berjabat tangan dengan Menhan Tiongkok Liang Guanglie dalam kunjungannya di Beijing, Selasa (18/9).

Menhan AS Leon Panetta berkomentar demikian hari Selasa (18/9) setelah melakukan pertemuan dengan Menhan Tiongkok Liang Guanglie di Beijing.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan hubungan militer yang lebih erat antara Washington dan Beijing dapat mengurangi sikap saling curiga dan menghindari salah perhitungan antara kedua negara adidaya itu.

Panetta berkomentar demikian hari Selasa, usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Tiongkok Liang Guanglie di Beijing. Ia juga membela sikap Washington untuk meningkatkan keterlibatannya di Asia, seraya menyatakan bahwa kedua negara dapat bekerjasama demi kebaikan di kawasan.

Washington dan Beijing sama-sama menyatakan prihatin pada niat pihak lain di kawasan tersebut.

Tiongkok curiga bahwa perhatian Amerika terhadap Asia dimaksudkan untuk menghalangi kebangkitan Beijing, sedangkan Amerika mengritik pengaruh Tiongkok yang meningkat di kawasan. Liang membela pengaruh militer dan ekonomi Tiongkok yang meluas dengan cepat.
XS
SM
MD
LG