Tautan-tautan Akses

Menhan AS Tegaskan Komitmen Amerika atas Keamanan Israel

  • Luis Ramirez

Menhan AS, Leon Panetta saat memberikan sambutan pada konferensi organisasi lobi pro-Israel AIPAC di Washington (6/3).

Menhan AS, Leon Panetta saat memberikan sambutan pada konferensi organisasi lobi pro-Israel AIPAC di Washington (6/3).

Leon Panetta telah memastikan komitmen Amerika atas keamanan Israel, dengan mengatakan pasukan Amerika akan bertindak menentang Iran tetapi hanya jika semua upaya lainnya gagal.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta menyampaikan hal ini saat berbicara di hadapan kelompok lobby pro-Israel AIPAC di Washington.

Leon Panetta menyatakan dalam konferensi tahunan Komite Urusan Publik Israel-Amerika AIPAC bahwa pemerintah Obama ingin melakukan diplomasi, tetapi ia menjanjikan tindakan militer jika upaya-upaya itu tidak berhasil.

“Kami lebih memilih jalur diplomasi, dan sebagaimana disampaikan perdana menteri – tindakan militer merupakan alternatif terakhir apabila semua upaya gagal. Tetapi jangan salah memahami, apabila semua upaya gagal, kami akan bertindak,” tegas Panetta.

Menteri Pertahanan Leon Panetta berbicara sehari setelah Presiden Barack Obama bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan tampaknya tidak mendapat kemajuan guna meredakan perbedaan pendapat tentang bagaimana menangani ancaman nuklir Iran.

Israel menyatakan dapat menyerang fasilitas-fasilitas Iran segera, sementara pemerintah Amerika ingin menggunakan sanksi-sanksi dan berbagai bentuk tekanan internasional lainnya guna meyakinkan Iran supaya menghentikan apa yang oleh banyak negara diyakini sebagai usaha untuk mengembangkan senjata-senjata nuklir.

Iran mengatakan pengembangan nuklirnya adalah untuk maksud-maksud damai.

Leon Panetta hari Selasa memastikan komitmen Amerika atas keamanan Israel. Ia mengatakan Presiden Obama telah menjadikan upaya mendorong keunggulan militer Israel sebagai prioritas, karena Amerika tidak memiliki sekutu yang lebih baik lagi di kawasan itu.

Panetta menambahkan, “Meskipun kita sedang menghadapi kendala-kendala fiskal yang serius, bantuan keamanan Amerika untuk Israel telah meningkat secara dramatis sejak presiden Obama berkuasa. Tahun ini permintaan anggaran presiden untuk bantuan keamanan Israel mencapai 3,1 milyar dolar, dibanding 2,5 milyar dolar tahun 2009 lalu."

Peningkatan itu terutama terjadi sebagai bagian dari kesepakatan Amerika untuk memberikan 30 milyar dollar bagi keamanan Israel selama lebih dari 10 tahun. Komitmen ini dibuat tahun 2007 oleh Presiden George Walker Bush kala itu.

Amerika memberi Israel teknologi pencegatan misil terkini – termasuk sistem “Iron Dome” – yang kata Leon Panetta telah menghentikan lebih dari 30 roket dari Gaza tahun lalu.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta juga mengatakan Amerika akan mengirim pesawat penyerang F-35 – pesawat tempur siluman generasi kelima – untuk membantu Israel mempertahankan keunggulan udaranya.

Pidato Leon Panetta yang bersahabat ini bertolakbelakang dengan keretakan antara pemerintah Obama dan Israel tentang Palestina.

Bulan Oktober lalu – dalam lawatan pertamanya ke Israel sebagai Menteri Pertahanan Amerika – Leon Panetta mengejutkan para pejabat Israel dengan mengatakan Israel beresiko terkena isolasi diplomatik karena tidak melakukan negosiasi dengan Palestina dan memulihkan hubungan dengan negara-negara tetangganya di kawasan.

XS
SM
MD
LG