Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Semakin Banyak Laskar Taliban yang Menyerah


Gates memandang ada dua bagian penyelesaian politik di Afghanistan yakni reintegrasi dan rekonsiliasi.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan bahwa sementara pasukan tambahan tiba di Afghanistan dan menjadi bagian dari strategi baru Amerika, semakin banyak lasykar tingkat rendah Taliban menyerah kepada pihak berwenang Afghanistan.

Tetapi, ia juga mengatakan bahwa, walaupun Presiden Hamid Karzai telah berusaha untuk memulai dialog dengan para pemimpin kelompok militan, masih terlalu dini untuk mengharapkan lasykar teras untuk menerima perdamaian dengan apa yang disebutnya “persyaratan yang wajar.”

Gates mengatakan dalam sidang Kongres hari Rabu, ia memandang ada dua bagian penyelesaian politik di Afghanistan yakni reintegrasi dan rekonsiliasi. Ia mengatakan reintegrasi, yang melibatkan lasykar tempur militan, banyak dari mereka bertempur untuk memperoleh uang atau karena mereka telah diintimidasi sudah mulai.

Rekonsiliasi, katanya, melibatkan para pemimpin militan. Ia menambahkan “pergeseran momentum” dalam perang itu belum cukup kuat untuk meyakinkan para pemimpin Taliban bahwa mereka akan kalah.

XS
SM
MD
LG