Tautan-tautan Akses

Menhan AS Ragukan Janji Rusia pada Ukraina


Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel hari Rabu (26/3) khawatir dengan pergerakan pasukan Rusia (foto: dok).

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel hari Rabu (26/3) khawatir dengan pergerakan pasukan Rusia (foto: dok).

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel hari Rabu (26/3) meragukan bahwa pasukan Rusia tidak berniat menyebrangi perbatasan Ukraina.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan Rusia terus mengirim pasukan ke perbatasan Ukraina meskipun baru-baru ini memastikan bahwa mereka tidak berniat menyebrangi perbatasan Ukraina.

Chuck Hagel mengatakan fakta di lapangan tampaknya bertolak belakang dengan apa yang disampaikan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu kepadanya dalam pertemuan pekan lalu.

Chuck Hagel menyampaikan komentarnya hari Rabu dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan Inggris Philip Hammond yang terutama difokuskan pada Ukraina. Hammond mengatakan Shoigu mungkin hanya memiliki sedikit wewenang terkait tindakan Rusia di Ukraina.

Philip Hammond menyebut aneksasi Rusia terhadap Krimea “tidak dapat diterima”. Ia juga mengingatkan bahwa agresi Rusia selanjutnya akan memicu konsekuensi lebih jauh.

Amerika telah memberlakukan sanksi-sanksi terhadap Rusia. Para pemimpin Amerika, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan Jepang hari Senin mengatakan telah membekukan partisipasi Rusia di G-8 hingga Rusia “mengubah pandangannya”.

Komandan NATO Anders Fogh Rasmussen hari Rabu mengatakan ia mendukung Amerika dalam menyerukan langkah-langkah tambahan terhadap Rusia, termasuk pembaruan rencana pertahanan, “peningkatan latihandan penempatan pasukan yang diperlukan”. Rasmussen menyampaikan pernyataan secara tertulis setelah pertemuannya dengan Presiden Amerika Barack Obama.
XS
SM
MD
LG