Tautan-tautan Akses

Menhan AS Perketat Prosedur Pemberhentian Tentara Gay


Menteri Pertahanan AS, Robert Gates.

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates.

Perintah Robert Gates itu bertujuan mengusahakan keseragaman dalam “ketidak pastian hukum” atas kebijakan gay dalam militer AS.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates telah memperketat prosedur untuk memberhentikan seseorang dari angkatan bersenjata AS karena anggota militer tersebut homoseks atau gay.

Gates hari Kamis memerintahkan bahwa hanya menteri Angkatan Darat, Menteri Angkatan Laut, dan Menteri Angkatan Udara – dengan terkoordinasi dengan pejabat personalia dan hukum – dapat menyetujui pemberhentian.

Gates mengatakan perintahnya bertujuan untuk mengusahakan keseragaman dan berhati-hati pada masa apa yang disebutnya “ketidak pastian hukum” kebijakan mengenai gay dalam angkatan bersenjata Amerika.

Pemerintahan Obama dan pengadilan sedang berusaha menentukan status larangan Pentagon yang sudah lama terhadap gay yang terbuka bertugas dalam angkatan bersenjata.

Hakim federal Amerika telah memutuskan bahwa kebijakan itu, yang dinamakan “Jangan Tanya, Jangan Beritahu” melanggar undang-undang dasar dan pekan lalu memerintahkan angkatan bersenjata agar menghentikan pemecatan semua tentara gay yang mengungkapkan diri.

Tetapi, pengadilan banding hari Rabu mengizinkan pemerintah meneruskan kebijakan itu untuk sementara. Presiden Barack Obama ingin mencabut larangan gay dalam militer, tetapi ia menghendaki perubahan itu dibuat oleh Kongres bukan pengadilan.

XS
SM
MD
LG