Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Pembicaraan dengan Taliban Mungkin dalam 1 Tahun


Menhan AS Robert Gates (kedua dari kiri) menghadiri konferensi keamanan di Singapura (3/6).

Menhan AS Robert Gates (kedua dari kiri) menghadiri konferensi keamanan di Singapura (3/6).

Namun, Gates menekankan bahwa Taliban harus memutuskan hubungan dengan al-Qaida dan menyerahkan semua senjata.

Menteri Pertahanan Amerika mengatakan kemungkinan akan ada pembicaraan perdamaian dengan Taliban dalam waktu satu tahun.

Robert Gates mengatakan hari Sabtu dalam konferensi keamanan di Singapura bahwa pembicaraan itu merupakan hasil kemajuan NATO di darat di Afghanistan yang memberi tekanan terhadap pemberontak.

Menteri Pertahanan mengatakan kalau koalisi internasional dapat mempertahankan keberhasilannya, lalu kemungkinan pembicaraan politik dan rekonsiliasi mungkin cukup besar untuk memberi harapan kemajuan.

Namun, Menteri Gates menekankan Taliban harus memutuskan hubungan dengan al-Qaida dan menyerahkan semua senjata kalau Taliban ingin mempunyai peranan dalam masa-depan Afghanistan.

Amerika Serikat telah menetapkan bulan depan sebagai awal penarikan pasukan dari Afghanistan. Pasukan Amerika dan NATO akan mengalihkan tanggung-jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan sebelum akhir tahun 2014.

Sudah hampir sepuluh tahun lalu pasukan yang dipimpin Amerika menyerbu Afghanistan untuk menggulingkan pemerintah Taliban, yang melindungi pemimpin al-Qaida, Osama bin Laden.

Bin Laden, yang memimpin serangan teroris 11 September, 2001 di Amerika Serikat, tewas bulan lalu oleh regu komando Amerika yang menggrebek persembunyian bin Laden di Pakistan.

XS
SM
MD
LG