Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Pasukan Afghanistan Mampu Amankan Pemilu


Petugas KPU Afghanistan memasukkan kotak-kotak dan perlengkapan pemilu ke dalam sebuah truk di Kabul, 14 September 2010.

Petugas KPU Afghanistan memasukkan kotak-kotak dan perlengkapan pemilu ke dalam sebuah truk di Kabul, 14 September 2010.

Menhan Robert Gates menilai pasukan keamanan Afghanistan mempunyai kemampuan menangani keamanan pemilu parlemen hari Sabtu besok.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates menilai pasukan keamanan Afghanistan mempunyai kemampuan untuk menangani keamanan dalam pemilu legislatif Afghanistan yang dilaksanakan hari Sabtu besok.

Gates mengatakan demikian di Pentagon hari Kamis, beberapa jam setelah Taliban mengeluarkan lagi ancaman kekerasan pada waktu pemilu dan mendesak warga Afghanistan agar memboikot pemilu itu.

Lebih dari 250 ribu orang polisi dan tentara Afghanistan, yang didukung pasukan internasional, akan dikerahkan pada waktu pemilu itu. Para pejabat pemilu telah mengatakan kira-kira 15 persen dari lebih 6.000 TPS tidak akan buka karena keamanan yang buruk.

Sekitar 2.500 calon anggota parlemen akan memperebutkan 249 kursi majelis rendah parlemen atau Wolesi Jirga.

Pemberontak Taliban sudah membunuh paling sedikit 3 calon dan beberapa pekerja kampanye menjelang pemilu tanggal 18 September itu.

Hari Kamis, serangan pemberontak dan bom pinggir jalan menewaskan 3 tentara NATO di Afghanistan selatan.

XS
SM
MD
LG