Tautan-tautan Akses

Menhan AS Kunjungi Amerika Latin


Robert Gates akan singgah di Peru, Kolombia dan Kepulauan Karibia, untuk mempromosikan kerjasama pertahanan yang lebih erat.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates akan berangkat hari ini dalam lawatan ke Amerika Latin, di mana ia akan singgah di Peru, Kolombia, dan Kepulauan Karibia, untuk mempromosikan kerjasama pertahanan yang lebih erat.

Gates semula hendak berkunjung ke Brasillia untuk menanda-tangani persetujuan kerjasama militer dengan Menteri Pertahanan Brazil, Nelson Jobim. Tetapi, jadwal penanda-tanganan telah diubah untuk menyelenggarakannya di Washington hari Senin supaya Jobim dapat bersama Presiden Brazil Lula dan Silva menghadiri pertemuan puncak keamanan nuklir yang sedang berlangsung di Amerika.

Persetujuan yang ditanda-tangani hari Senin mencakup kerjasama penelitian militer dan pengembangan, pelatihan militer dan latihan bersama, serta proyek-proyek niaga.

Jobim mengatakan persetujuan itu menunjukkan perlunya kerjasama yang lebih banyak antara kedua negara. Gates mengatakan persetujuan itu adalah pengakuan resmi banyak kepentingan keamanan dan nilai-nilai bersama Amerika dan Brazil.

XS
SM
MD
LG