Tautan-tautan Akses

Menhan AS Lakukan Lawatan Bersejarah ke Libya


Menteri Pertahanan AS Leon Panetta disambut oleh Menhan Libya, Osama al-Juwali di Tripoli (17/12).

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta disambut oleh Menhan Libya, Osama al-Juwali di Tripoli (17/12).

Leon Panetta merupakan Menteri Pertahanan AS pertama yang mengunjungi Libya, dan akan bertemu PM dan Menhan Libya.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta telah tiba di Tripoli untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah sementara Libya. Panetta menjadi Menteri Pertahanan Amerika pertama yang mengunjungi negara itu.

Perjalanan singkat hari Sabtu itu dilakukan satu hari setelah Amerika mencabut sebagian besar sanksi ekonominya terhadap Libya dalam upaya untuk meringankan krisis keuangan di negara tersebut.

Panetta akan bertemu dengan Perdana Menteri Libya Abdurrahim el-Keib dan Menteri Pertahanan Osama al-Juwali. Panetta sebelumnya mengatakan kepada wartawan bahwa kunjungannya merupakan kesempatan untuk melihat langsung situasi pasca-revolusi di Libya dan memungkinkannya untuk memberi penghormatan kepada pihak-pihak yang telah membantu menggulingkan Gadhafi.

Hari Jumat, Amerika mencairkan aset pemerintah Libya senilai lebih dari 30 miliar dolar, menyusul aksi serupa oleh Dewan Keamanan PBB. Sebelumnya, PBB membekukan aset Libya di luar negeri senilai sekitar 150 miliar dolar setelah pemberontakan melawan mantan pemimpin Moammar Gadhafi pecah pada bulan Februari.

Gedung Putih menyatakan telah mencairkan semua asset pemerintah Libya dan Bank Sentral di dalam yurisdiksi Amerika, tetapi akan tetap membekukan asset-asset keluarga Gadhafi. Amerika membekukan asset tersebut sebelumnya tahun ini ketika mantan pemimpin Libya bertindak menumpas pemberontakan menentang pemerintahannya selama 4 dekade.

XS
SM
MD
LG