Tautan-tautan Akses

Menhan AS Khawatirkan Sengketa Teritorial di Asia


Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel merasa prihatin atas kemungkinan konflik lebih lanjut akibat sengketa teritorial di Asia (foto: dok).

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel merasa prihatin atas kemungkinan konflik lebih lanjut akibat sengketa teritorial di Asia (foto: dok).

Chuck Hagel khawatir kemungkinan munculnya konflik lebih lanjut akibat ketegangan yang meningkat di perairan Asia yang disengketakan.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan, ia prihatin mengenai kemungkinan munculnya konflik lebih lanjut akibat ketegangan yang meningkat di perairan Asia yang disengketakan.

Pernyataan Hagel itu muncul dalam pidato yang dipersiapkan yang disampaikan Kamis pada pertemuan menteri-menteri pertahanan Asia di sebuah resor Brunei di tepi Laut China Selatan, di mana para anggota ASEAN memiliki klaim yang saling tumpang tindih dengan China.

Pemimpin Pentagon itu mengatakan, tindakan-tindakan di laut itu untuk memperkokoh klaim teritorial tidak efektif dan menyuramkan prospek diplomasi.

Beberapa negara ASEAN menuduh China dan militernya yang maju pesat semakin menggunakan taktik yang semakin agresif dalam mempertahankan klaimnya di kawasan yang strategis dan kaya energi itu.

Amerika telah mengatakan Washington tidak berpihak, namun telah memperkokoh kerjasama militer dengan beberapa negara di sana, terutama Vietnam dan Filipina.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan pada pertemuan ASEAN, Kamis, bahwa Laut China Selatan stabil dan seharusnya tidak ada keprihatinan akan kebebasan navigasi di kawasan itu, sebuah isu yang berulangkali diangkat Washington.
XS
SM
MD
LG