Tautan-tautan Akses

AS

Menhan AS: Iran Tingkatkan Ketegangan Kawasan


Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta (Foto: dok).

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta (Foto: dok).

Sebuah suratkabar terkemuka Amerika mengatakan menteri pertahanan AS yang akan selesai menjabat menuduh Iran menyelundupkan senjata penyerang pesawat ke para sekutu militannya.

Harian Wall Street Journal hari Jumat (1/2) melaporkan bahwa Leon Panetta mengatakan penyelundupan senjata oleh Iran tersebut ikut menyebabkan peningkatan ketegangan kawasan yang berbahaya.

Menurut harian tersebut, Panetta mengatakan bahwa jika ada yang mulai mengedarkan "manpad", hal itu menjadi ancaman tidak hanya bagi pesawat militer tetapi juga pesawat sipil. Manpad adalah misil penyerang pesawat yang ditembakkan dari bahu.

Wall Street Journal mengatakan pejabat Yaman mencegat sebuah kapal yang mengangkut manpad tanggal 23 Januari. Harian itu mengatakan sejumlah pengiriman senjata semacam itu sebelumnya sudah pernah dicegat.

Laporan tersebut mengutip sejumlah penyidik Amerika yang mengatakan bukti menunjukkan misil-misil itu dipasok Garda Revolusioner Islamis, pasukan paramiliter Iran. Harian itu menyebut para pejabat Amerika mengatakan misil-misil tersebut tampaknya dipasok ke kelompok separatis Houthi di Yaman utara, yang bertempur melawan pemerintah dukungan Amerika di Sanna.
XS
SM
MD
LG