Tautan-tautan Akses

Menhan AS Ingatkan Israel agar Jangan Serang Iran


Menhan AS Leon Panetta memperingatkan resiko gawat bila Israel melakukan serangan atas Iran.

Menhan AS Leon Panetta memperingatkan resiko gawat bila Israel melakukan serangan atas Iran.

Menhan Amerika Leon Panetta mengingatkan, serangan militer dapat menimbulkan akibat ekonomi yang parah di seluruh dunia.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan ia mengingatkan Israel agar jangan mengambil tindakan militer terhadap Iran, sementara badan nuklir PBB bersiap-siap memperdebatkan resolusi yang mengutarakan keprihatinan mendalam dan meningkat mengenai program nuklir Iran.

Panetta mengatakan menjelang pertemuannya hari ini dengan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak, bahwa serangan militer dapat menimbulkan akibat ekonomi yang parah di seluruh dunia. Ia mengatakan Amerika akan terus memusatkan perhatian pada sanksi sebagai cara mengekang apa yang dicurigai sebagai ambisi senjata nuklir Iran.

Juga hari Jumat, Badan Energi Atom Internasional mengadakan pertemuan yang pertama sejak badan itu menuduh adanya bukti yang layak dipercaya Teheran sedang berusaha membuat senjata nuklir. Dalam pertemuan itu, badan tersebut diperkirakan akan memperdebatkan resolusi baru dari para anggota permanen Dewan Keamanan PBB dan Jerman yang mengatakan negara-negara kuat dunia semakin khawatir Iran menggunakan program nuklirnya untuk mengembangkan senjata militer.

Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa sedang mendesak badan pengawas nuklir PBB atau IAEA itu agar mengambil tindakan yang keras terhadap Iran atas program nuklirnya.

Iran membantah pekan lalu laporan IAEA itu dan tetap membantah tuduhan bahwa Iran sedang berusaha membuat senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG