Tautan-tautan Akses

Menhan AS Imbau Eropa Tingkatkan Kerjasama dengan Asia


Menhan AS Leon Panetta berbicara tentang tujuan kerjasama Amerika dalam pidato di Kings College, London Jumat (18/1).

Menhan AS Leon Panetta berbicara tentang tujuan kerjasama Amerika dalam pidato di Kings College, London Jumat (18/1).

Leon Panetta mengimbau negara-negara Eropa supaya bergabung dengan AS dalam meningkatkan kerjasama pertahanan dengan kawasan Asia-Pasifik.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengimbau negara-negara Eropa supaya bergabung dengan Amerika dalam "meningkatkan dan memperdalam" kerjasama pertahanan dengan kawasan Asia-Pasifik.

Panetta berbicara tentang tujuan kerjasama Amerika dalam pidato hari Jumat di Kings College di London.

Pemerintahan Obama telah meningkatkan fokusnya pada Asia selagi Presiden Barack Obama berusaha menepati janjinya untuk memperkuat ekonomi Amerika dalam empat tahun masa jabatan keduanya.

Tiongkok telah berulang kali menyatakan keprihatinan tentang penggeseran asset-aset militer, diplomatik dan komersial Washington ke wilayah tersebut, yang dikenal sebagai "Asia Pivot." Namun para pejabat Amerika telah meyakinkan Beijing bahwa fokus baru itu bukanlah ancaman bagi Tiongkok.

Menggarisbawahi pentingnya kawasan ini, lawatan luar negeri pertama Presiden Obama pasca pemilu adalah ke Asia. Ia mengunjungi Burma, Thailand dan Kamboja, di mana ia menghadiri KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.
XS
SM
MD
LG