Tautan-tautan Akses

Menhan Panetta: AS Harus Pelihara Hubungan Baik dengan Pakistan


Menhan AS Leon Panetta (kanan) bersama Menlu Hillary Clinton saat menjadi pembicara dalam forum terbuka di National Defense University di Washington, Selasa (16/8).

Menhan AS Leon Panetta (kanan) bersama Menlu Hillary Clinton saat menjadi pembicara dalam forum terbuka di National Defense University di Washington, Selasa (16/8).

Menhan AS Leon Panetta mengatakan hubungan baik dengan Pakistan penting karena Amerika sedang memerangi al-Qaida di sana.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan Amerika Serikat tidak mempunyai pilihan lain kecuali memelihara hubungan baik dengan Pakistan, walaupun adanya kaitan Pakistan yang dituduhkan dengan berbagai kelompok militan.

Dalam forum terbuka dengan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton di Washington hari Selasa, Panetta mengatakan Pakistan mempunyai hubungan dengan jaringan Haqqani di barat-laut negara itu yang melakukan serangan lintas perbatasan terhadap pasukan Amerika di Afghanistan, serta dengan militan Lashkar-e-Taiba yang pernah menyerang India.

Kedua kelompok masuk dalam daftar organisasi teroris Amerika Serikat.

Panetta mengatakan hubungan Washington dengan Islamabad tetap penting karena Amerika sedang memerangi al-Qaida di sana. Panetta menambahkan bahwa Pakistan merupakan kekuatan penting di kawasan itu, karena negara itu mempunyai senjata nuklir. Menurutnya, Washington prihatin akan apa yang akan terjadi terhadap senjata nuklir tersebut.

Sementara, Menlu Clinton mengatakan pemerintahan Obama menganggap hubungan dengan Pakistan sangat penting. Dia mengatakan bahwa walaupun ada banyak tantangan dalam hubungan bilateral selama bertahun-tahun ini, dia menghargai Islamabad karena belakangan ini menyadari persamaan kepentingannya dengan Washington dalam melawan terorisme.

XS
SM
MD
LG