Tautan-tautan Akses

Menhan AS Hadiri Pertemuan Menhan-menhan Asia di Hanoi


Para pejabat militer Vietnam menyambut Menhan AS Robert Gates di Bandara Internasional Noi Bai di Hanoi.

Para pejabat militer Vietnam menyambut Menhan AS Robert Gates di Bandara Internasional Noi Bai di Hanoi.

Pertemuan para menteri pertahanan dari 10 negara Asia Tenggara akan terpusat pada cara-cara damai untuk menyelesaikan sengketa wilayah.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates berada di Vietnam untuk menghadiri pertemuan menteri pertahanan regional. Pertemuan ini berlangsung di tengah Tiongkok dan negara-negara tetangganya bersengketa atas pulau-pulau di Laut Cina Selatan.

Pertemuan para menteri pertahanan dari 10 anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa (PBB) dari Asia Tenggara diharapkan terpusat di antaranya, pada cara-cara damai untuk menyelesaikan sengketa. Selagi di Hanoi, Robert Gates juga berencana untuk mengadakan pertemuan pertamanya dengan mitra dari Tiongkok selama lebih dari satu tahun.

Tiongkok, Vietnam, dan Filipina termasuk di antara negara-negara yang menyatakan klaim pada sebuah deretan kepulauan di perairan perikanan utama dan diperkirakan memiliki cadangan minyak dan gas bumi.

Pentagon berpandangan Tiongkok menjadi lebih gencar atas klaimnya terhadap pulau-pulau itu. AS berpendapat sengketa ini harus diselesaikan secara damai di bawah hukum internasional.

XS
SM
MD
LG