Tautan-tautan Akses

Menhan AS di Israel, Bantah Bahas Rencana Serang Iran


Menhan AS Leon Panetta berada di Israel untuk pembicaraan dengan PM Netanyahu dan Menhan Ehud Barak (foto: dok).

Menhan AS Leon Panetta berada di Israel untuk pembicaraan dengan PM Netanyahu dan Menhan Ehud Barak (foto: dok).

Menhan Leon Panetta mengatakan, media Israel keliru menggambarkan pembicaraan yang akan dilakukannya dengan PM Israel Benjamin Netanyahu dan Menhan Ehud Barak.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta sedang berada di Israel di mana ia menyangkal laporan-laporan bahwa ia berada di sana untuk berbicara mengenai kemungkinan rencana serangan penangkal terhadap fasilitas nuklir Iran.

Panetta mengatakan media Israel secara keliru menggambarkan pembicaraan yang akan diadakan hari Rabu esok dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak. Ia mengatakan diskusi itu akan lebih banyak mengenai ancaman terhadap Israel dan Amerika dari program nuklir Iran dan berbagai cara untuk menanggapinya.

Perdana Menteri Netanyahu memberitahu televisi Israel bahwa ia belum membuat keputusan mengenai kemungkinan serangan terhadap diduga lokasi senjata nuklir Iran yang dicurigai.

Panetta tiba di Israel dari Mesir dan bertemu dengan Presiden Mohamed Morsi yang baru terpilih. Pejabat Amerika itu menggambarkan Morsi “tokoh yang berdiri sendiri” disamping kaitannya dengan Ikhwanul Muslimin. Ia juga mengatakan pemimpin Mesir itu bertekad untuk melakukan reformasi demokrasi.

Panetta menyebut hubungan militer Amerika-Mesir penting bagi kestabilan kawasan itu selama 30 tahun terakhir.
XS
SM
MD
LG