Tautan-tautan Akses

Menhan AS Desak NATO Tak Tergesa-gesa Keluar dari Afghanistan

  • Sean Maroney

Menhan AS Robert Gates berada di Brussels (9/6) untuk menghadiri pertemuan NATO sebelum pensiun tanggal 30 Juni.

Menhan AS Robert Gates berada di Brussels (9/6) untuk menghadiri pertemuan NATO sebelum pensiun tanggal 30 Juni.

Dalam persinggahan di Afghanistan baru-baru ini, Menhan Robert Gates berulang kali menghimbau penarikan pasukan dilakukan dengan hati-hati.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mendesak NATO dan sekutu-sekutunya hari Kamis agar tidak tergesa-gesa keluar dari Afghanistan, meskipun Amerika bersiap-siap mulai menarik pasukannya bulan depan.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates menyampaikan pesan jelas kepada sekutu-sekutunya di NATO sehubungan dengan perubahan yang akan dihadapi misi mereka di Afghanistan bulan Juli.

“Meskipun Amerika mulai menarik pasukannya bulan depan, saya percaya Amerika tidak tergesa-gesa keluar dan kami mengharapkan hal yang sama dari sekutu-sekutu kami,” ujar Gates.

Gates berkata demikian kepada wartawan hari Kamis usai menghadiri pertemuan terakhirnya dengan NATO di Brussels sebelum pensiun sebagai menteri pertahanan tanggal 30 Juni.

Presiden Amerika Barack Obama tetap bertekad untuk mulai menarik pasukan dari Afghanistan bulan depan, tetapi masih belum jelas berapa jumlah tentara Amerika yang akan ditarik.

Dalam lawatannya baru-baru ini, yang termasuk persinggahan di Afghanistan, Menteri Gates berulang kali menghimbau penarikan pasukan dilakukan dengan hati-hati.

Sementara itu Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen hari Kamis menolak untuk memastikan batas waktu atau jumlah pasukan yang akan ditarik, ia menekankan NATO atau sekutu-sekutunya “tidak perlu tergesa-gesa keluar”.

Ia mengatakan Afghanistan tetap merupakan “prioritas utama operasi NATO” dan memperkirakan pemerintah Afghanistan akan mengambil tanggung jawab keamanan sepenuhnya dalam beberapa tahun mendatang.

“Bulan Juli, Afghanistan akan memimpin tanggung jawab keamanan di tujuh provinsi dan sejumlah kabupaten, mewakili 25 persen penduduk. Itu adalah awal peralihan yang penting. Saya yakin kita bisa menarik pasukan secara keseluruhan menjelang tahun 2014,” papar Rasmussen.

Menteri Pertahanan Gates mengatakan akhir perang Afghanistan mulai terlihat, karena keberhasilan yang dicapai dalam 18 bulan terakhir. Tetapi, kekerasan berlanjut di Afghanistan selatan dan timur, di mana kelompok militan Taliban melancarkan serangan terhadap pemerintah dan pasukan keamanan Afghanistan.

XS
SM
MD
LG