Tautan-tautan Akses

Menhan AS Desak Dewan Kerjasama Teluk Lebih Terlibat dalam Perangi ISIS


Menteri Pertahanan AS Ash Carter dalam konferensi pers bersama Sekjen GCC, Jenderal Abdullatif bin Rashid Al Zayani di Riyadh, Arab Saudi (20/4).

Menteri Pertahanan AS Ash Carter dalam konferensi pers bersama Sekjen GCC, Jenderal Abdullatif bin Rashid Al Zayani di Riyadh, Arab Saudi (20/4).

Menteri Pertahanan AS Ash Carter menyerukan agar negara-negara yang tergabung dalam Dewan Kerjasama Teluk (GCC) lebih terlibat dalam perang melawan ISIS.

Berbicara, Rabu (19/4), dalam Pertemuan Menteri Pertahanan GCC di Istana Diriyah di Riyadh, Arab Saudi, Carter mengatakan, AS dan negara-negara GCC membangun kemitraan yang kuat yang bertahan selama puluhan tahun.

Seorang pejabat senior pertahanan mengatakan, dua fokus utama kunjungan Carter adalah mengonter aktivitas yang mengguncangkan kestabilan Iran dan mengalahkan ISIS.

Carter mendesak negar-negara GCC lebih terlibat dalam membantu pemerintah Irak memerangi ISIS dan membangun kembali kawasan-kawasan yang tadinya sempat diduduki militan.

Menurut seorang pejabat senior pertahanan AS, negara-negara GCC sejauh ini, ragu membantu PM Irak Haider al-Abadi karena mengkhawatirkan situasi politik dan pengaruh Iran di Irak

Senin lalu, AS mengumumkan akan mengirim 217 tentara tambahan ke Irak, delapan helikopter tempur Apache dan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) ke Irak, bersama dana sebesar 415 juta dolar untuk membantu pasukan Peshmerga Kurdi, yang pemerintahnya kesulitan membayar gaji mereka karena penurunan tajam harga minyak. [ab/as]

XS
SM
MD
LG