Tautan-tautan Akses

Menhan AS Desak Keputusan Afghanistan soal Pakta Keamanan


Menhan AS Chuck Hagel Kamis (30/1) mendesak Afghanistan segera mengambil keputusan soal pakta keamanan (foto: dok).

Menhan AS Chuck Hagel Kamis (30/1) mendesak Afghanistan segera mengambil keputusan soal pakta keamanan (foto: dok).

Menhan AS Chuck Hagel Kamis (30/1) mengatakan Afghanistan tidak bisa terus menunda keputusan tentang pakta keamanan dengan Amerika.

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan Afghanistan tidak bisa terus menunda keputusan tentang apakah akan menandatangani pakta keamanan dengan Amerika yang memungkinkan sebagian tentara Amerika tetap tinggal di negara itu melewati tahun 2014.

Hagel berbicara kepada para wartawan hari Kamis (30/1) dalam penerbangan ke Polandia, di mana ia akan berunding dengan para pejabat mengenai masalah keamanan termasuk Afghanistan.

Dia mengatakan penundaan oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai atas penandatanganan perjanjian bilateral itu akan menciptakan masalah karena perlunya Amerika merencanakan dan menyusun anggaran.

Tetapi, katanya, ia menghormati hak Karzai untuk memutuskan masalah itu sesuai dengan apa yang dianggapnya cocok, dan dia mengatakan Amerika hanya memiliki kemampuan “terbatas” untuk mempengaruhi keputusan Afghanistan.

Afghanistan telah menunda penandatanganan pakta itu, sebagian karena sengketa mengenai hukum yang akan meminta pertanggungjawaban pasukan Amerika jika mereka tinggal di negara itu setelah misi tempur Amerika berakhir.
XS
SM
MD
LG