Tautan-tautan Akses

Menhan AS dan China Janjikan Peningkatan Kerjasama Militer


Menhan AS Chuck Hagel dan Menhan China Jenderal Chang Wanquan dalam konferensi pers bersama di Pentagon (19/8).

Menhan AS Chuck Hagel dan Menhan China Jenderal Chang Wanquan dalam konferensi pers bersama di Pentagon (19/8).

Menteri Pertahanan Amerika dan China bertemu di Washington untuk memperkuat kerjasama militer antara dua negara adidaya, Senin (19/8).

Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan Washington berkomitmen untuk membina hubungan yang positif dan konstruktif dengan China. Menurut Hagel, hubungan militer yang berkelanjutan merupakan 'pilar penting' antara kedua negara.

Mitra Hagel, Jenderal Chang Wanquan, mengatakan Beijing ingin meningkatkan hubungan pertahanan dengan Amerika “ke tingkat yang baru." Tapi dia mengatakan hubungan itu tidak boleh "didominasi oleh salah satu pihak."

Chang mengatakan hubungan militer Amerika-China harus berdasarkan rasa saling percaya, "bukan saling curiga." Baik Hagel dan Chang mengatakan pasukan militer di kedua negara akan meningkatkan latihan bersama, termasuk latihan angkatan laut di Teluk Aden dalam waktu dekat.

Pertemuan Hagel dengan Chang itu merupakan bagian dari upaya Amerika untuk lebih memusatkan perhatian pada hubungan dengan Asia, ketika konflik dan ketidakpastian di Timur Tengah mendominasi berita utama di seluruh dunia.
XS
SM
MD
LG