Tautan-tautan Akses

Menhan AS Bicarakan Tahap Berikut Serangan terhadap ISIS dengan Pemimpin Irak


Menteri Pertahanan Ash Carter disambut Letnan Jenderal Angkatan Darat Amerika, Sean MacFarland di Baghdad, 11 Juli 2016.

Menteri Pertahanan Ash Carter disambut Letnan Jenderal Angkatan Darat Amerika, Sean MacFarland di Baghdad, 11 Juli 2016.

Direbutnya sebuah pangkalan udara besar baru-baru ini oleh pasukan Irak dekat Mosul merupakan penyelesaian "10 tahap pertama" koalisi ke arah mengalahkan ISIS, kata seorang pejabat tinggi pertahanan Amerika.

Menteri Pertahanan Ash Carter tiba di Irak hari Senin (11/7) untuk berbicara dengan para pemimpin Irak dan komandan pasukan Amerika di lapangan mengenai tahap-tahap berikut serangan terhadap ISIS, sesudah direbutnya Pangkalan Udara Qayyarah, yang terletak kira-kira 60 kilometer sebelah selatan Mosul itu, dan dikuasai oleh Pasukan Keamanan Irak.

"Tujuan menguasai pangkalan udara itu adalah untuk dapat menegakkan logistik dan pusat angkutan udara untuk kawasan dekat Mosul," kata Carter kepada para wartawan sebelum memasuki Irak.

"Qayarrah jelas pencapaian besar dalam daftar karena arti penting strategisnya," kata seorang pejabat tinggi, yang berbicara dengan syarat namanya tidak disebut.

Dalam kunjungannya yang ke-4 kali ke Irak sebagai menteri pertahanan, Carter akan bertemu dengan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi dan Menteri Pertahanan Irak Khaled al-Obeidi di Baghdad, dan akan berbicara melalui telepon dengan Masood Barzani, presiden Kurdistan Irak. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG