Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Belum Ada Keputusan soal Pasukan Amerika di Irak


Tentara Irak berpatroli di Baghdad, untuk menjaga keamanan wilayah ini dari bentrokan dengan pengikut Sunni (foto:dok).

Tentara Irak berpatroli di Baghdad, untuk menjaga keamanan wilayah ini dari bentrokan dengan pengikut Sunni (foto:dok).

Saat ini AS tetap berpegang pada perjanjian keamanan yang menetapkan penarikan semua tentara AS dari Irak akhir tahun ini.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan belum ada keputusan diambil mengenai penempatan pasukan Amerika di Irak selewat tenggat penarikan semua pasukan tahun ini.

Pernyataannya pada hari Selasa (6/9) muncul setelah berita media yang mengutip seorang pejabat militer senior mengatakan Panetta telah mendukung rencana mempertahankan 3.000 tentara Amerika di Irak sebagai bagian dari misi pelatihan.

Panetta mengatakan kepada wartawan di New York bahwa jumlah tentara yang dipertahankan di sana akan ditentukan dalam perundingan dengan Irak.

Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan perundingan-perundingan masih terus berlangsung, dan Irak belum mengajukan permintaan untuk mempertahankan pasukan Ameirka di negara itu. Lebih lanjut dikatakan Gedung Putih, pasukan Amerika terus beroperasi berdasarkan perjanjian keamanan sekarang ini, yang menetapkan semua tentara Amerika akan ditarik pada akhir tahun.

Sekarang ini, kurang dari 50.000 tentara Amerika berada di Irak, turun dari 140.000 pada tahun 2009.

XS
SM
MD
LG