Tautan-tautan Akses

Menhan AS Adakan Pertemuan Bahas Agresi Rusia di Ukraina


Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter (foto: dok).

Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter (foto: dok).

Para pejabat senior pertahanan dan para diplomat AS akan mengadakan pertemuan di Stuttgart, Jerman hari Jumat (5/6).

Pejabat-pejabat senior pertahanan Amerika dan para diplomat akan bertemu di Stuttgart, Jerman hari Jumat (5/6) untuk membahas bagaimana menanggapi aksi militer di Ukraina, serta membahas keprihatinan di antara para sekutu mengenai agresi Rusia, menyusul meningkatnya pertempuran antara militer Ukraina dengan pemberontak yang didukung Rusia.

Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter akan bertemu dengan para Jenderal, Duta Besar dan pemimpin lainnya secara tertutup di markas Komando pasukan Amerika di Eropa untuk menelaah keefektifan sanksi-sanksi ekonomi Uni Eropa dan Amerika. Mereka juga membahas strategi NATO untuk mencegah tindakan-tindakan Rusia lebih jauh di Ukraina.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk memberi masukan menteri pertahanan menjelang pertemuan tingkat menteri NATO yang pertama dihadirinya akhir Juni, kata juru bicara Pentagon Brent Colburn.

"Salah satu bidang fokus adalah tindakan-tindakan Rusia selama 18 bulan terakhir termasuk kegiatan mereka di Ukraina" kata Colburn.

Pada penjelasan singkat Pentagon hari Kamis (4/6), juru bicara Pentagon Steve Warren mengatakan pertemuan itu merupakan "sebuah kesempatan untuk mendengar langsung dampak tindakan-tindakan Rusia terhadap mitra-mitra kita di Eropa".

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest hari Kamis (4/6) mengatakan bahwa Presiden Barack Obama akan membahas perpanjangan sanksi-sanksi terhadap Rusia ketika ia bertemu dengan para pemimpin dunia lainnya pada KTT G7 mendatang di Jerman.

Earnest mengakui bahwa tekanan ekonomi belum berhasil mengubah perhitungan strategi Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG