Tautan-tautan Akses

Menhan AS Anjurkan Penyelidikan Bersama Korban Sipil Afghanistan


Menteri Pertahanan AS, Robert Gates

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates

Sebelumnya Karzai memperingatkan pasukan NATO agar jangan menjadi 'pasukan pendudukan' di Afghanistan setelah rentetan jatuhnya korban sipil.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan peringatan mengenai korban sipil dari Presiden Afghanistan Hamid Karzai mencerminkan “kepedihan dan penderitaan” rakyat Afghanistan setelah 30 tahun perang.

Gates mengatakan hari Selasa penting bagi kedua pihak untuk menyelidiki bersama-sama korban sipil dan bahwa Karzai dan rakyat Afghanistan menyadari koalisi NATO yang dipimpin Amerika adalah sekutu yang sedang berusaha membantu Afghanistan mencapai pengakhiran perang itu.

Sebelumnya hari Selasa, Karzai memperingatkan pasukan yang dipimpin NATO agar jangan menjadi “pasukan pendudukan” di Afghanistan setelah rentetan jatuhnya korban sipil akibat serangan-serangan udara koalisi.

Karzai mengatakan kepada wartawan di Kabul ia akan mengambil tindakan yang tidak disebut kalau pembunuhan kaum sipil yang tidak bersalah terus terjadi. Ia juga menekankan bahwa rakyat Afghanistan tidak dapat lagi mentolerir serangan udara yang menyerang rumah-rumah sipil dan mengatakan itu adalah peringatan terakhirnya.

Gates mengatakan Taliban menyebabkan jatuhnya kira-kira 80 persen korban sipil di Afghanistan, dan bahwa militan menyerang sipil dengan bom buatan sendiri dan serangan lain.

XS
SM
MD
LG