Tautan-tautan Akses

Menhan Amerika di Kyrgyzstan untuk Rundingkan Pangkalan AS


Menhan AS Leon Panetta (kiri) saat tiba di pangkalan udara Manas di Kyrgyzstan, Selasa (13/3).

Menhan AS Leon Panetta (kiri) saat tiba di pangkalan udara Manas di Kyrgyzstan, Selasa (13/3).

Menhan Leon Panetta berusaha membujuk para pemimpin Kyrgyzstan agar mengijinkan perpanjangan waktu bagi pangkalan udara AS di sana.

Menteri pertahanan Amerika Leon Panetta berada di Kyrgyzstan untuk membujuk para pemimpin negara itu agar mengijinkan militer Amerika terus menggunakan pangkalan udara di sana setelah sewanya berakhir tahun 2014.

Pangkalan Manas dipakai oleh militer Amerika untuk mengangkut tentara dan perlengkapan , keluar dan masuk Afghanistan. Pangkalan itu juga menampung sejumlah pesawat pengisi bahan bakar.

Panetta hari Selasa bertemu dengan Ketua dewan pertahanan Kyrgyzstan Busurmankul Tabaldiev dan Menteri Pertahanan Taalaybek Omuraliev. Pada awal pertemuan Tabaldiev mengatakan kepada wartawan seharusnya tidak ada misi militer di pangkalan Manas setelah tahun 2014. Ia mengatakan pangkalan itu untuk kepentingan sipil dan komersial.

Meski demikian pejabat Amerika yang ikut dengan Panetta mengatakan kemungkinan ada keluwesan dalam perundingan yang akan datang mengenai masalah itu.

Kehilangan pangkalan itu akan sangat memperumit penarikan pasukan tempur perang Amerika di Afghanistan yang dijadwalkan berlangsung sampai akhir 2014.

Pangkalan itu telah menjadi sumber perdebatan antara kedua negara. Tahun 2009 Kyrgyzstan mengancam akan menutup pangkalan itu tapi mengubah keputusannya setelah Amerika menaikkan sewa tahunannya dari 17,5 juta dolar menjadi 60 juta dolar.

XS
SM
MD
LG