Tautan-tautan Akses

Mengenang Dua Tokoh Musik Terkenal Amerika


Musisi Chuck Brown (gitar) dianggap sebagai Godfather musik Go-Go (foto: Dok.).

Musisi Chuck Brown (gitar) dianggap sebagai Godfather musik Go-Go (foto: Dok.).

Amerika kehilangan dua legenda musik terkenal baru-baru ini dengan meninggalnya Godfather musik Go-Go Chuck Brown dan Ratu Disko Donna Summer.

Dunia hiburan kehilangan artis penyanyi besar, yaitu pertama, Chuck Brown yang dianggap sebagai Godfather musik Go-Go, dan kedua, Donna Summer yang dianggap sebagai Ratu musik Disko.

Chuck Brown meninggal dunia hari Rabu lalu di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore, negara bagian Maryland. Musisi itu mengidap infeksi darah dari pengobatan pneumonia yang dideritanya. Ia berusia 75 tahun. Penyanyi itu lahir di Negara bagian North Carolina, tetapi kemudian pindah ke ibu kota Amerika, Washington, DC, ketika berusia delapan tahun. Kota Washington tetap menjadi tempat tinggalnya, dan di kota itu pula ia menciptakan musik yang dikenal sebagai musik Go-Go.

Chuck Brown dibesarkan dalam keluarga miskin oleh ibunya, Lyla Louise Brown. Ia tidak pernah mengenal ayahnya. Chuck Brown berhenti sekolah segera setelah keluarganya pindah ke Washington, dan ketika itu pula ia mulai bekerja. Berbagai pekerjaan dicobanya, termasuk menjadi penyemir sepatu dan penjual koran. Ketika remaja, Chuck Brown bermasalah dan pernah mendekam selama delapan tahun dalam penjara di dekat kota Washington. Di dalam bui ia mulai belajar bermain gitar.

Ketika Chuck Brown akhirnya bebas dari penjara, ia bertekad tidak akan menengok ke masa lalunya yang kelam. Ia pulang kembali ke kota Washington dan di kota itu pula ia mulai bermain gitar dan menyanyi dalam berbagai acara di sekitar ibukota Amerika itu.

Ketika usianya mendekati 30 tahun, Chuck Brown bergabung dengan beberapa band lokal, dan dalam waktu dua tahun dia membentuk bandnya sendiri. Chuck Brown dan bandnya, The Soul Searchers, menemukan suara baru yang memadukan jenis musik funk, jazz dan R&B atau rhythm dan blues. Jenis musik Go-Go yang dinamis dan seakan mengajak bergoyang itu sangat populer terutama di Washington dan sekitarnya, dan juga berpengaruh di tempat-tempat lain. Lagu Chuck Brown yang dirilis pada tahun 1978 berjudul Bustin’ Loose kemungkinan merupakan rekaman Go-Go yang paling banyak dikenal luas. Lagu itu menjadi hit terbesar Chuck Brown dan Soul Searchers.

Bagi banyak orang, Chuck Brown dianggap sebagai pahlawan di Washington DC. Ia sangat dicintai, sehingga sebuah jalan di kota ini menggunakan namanya. Rabu lalu, ratusan orang berkumpul di luar Teater Howard yang terletak di Jalan Chuck Brown Chuck untuk mengenang musisi itu.

Donna Summer, meninggal akibat kanker paru-paru (foto: dok)

Donna Summer, meninggal akibat kanker paru-paru (foto: dok)

Penyanyi Disko Donna Summer meninggal dunia hari Kamis. Penyanyi berusia 63 tahun itu berjuang melawan kanker paru-paru.

Donna Summer lahir dalam keluarga besar yang religius di Boston, Massachusetts, pada 1948 dan diberi nama LaDonna Gaines.

Dia menyanyi di gereja sejak masa kanak-kanak. Ketika remaja ia mulai membentuk kelompok musiknya sendiri. Suara Summer sangat jernih, bernada tinggi dan kuat. Lagu yang menjadi hit pertamanya dirilis tahun 1975 berjudul Love to Love You, Baby. Ia berusia dua puluhan ketika itu.

Tiga lagu hit Donna Summer berhasil mencapai posisi nomor satu tangga lagu di Amerika. Salah satunya adalah Hot Stuff, yang memenangkan penghargaan Grammy.

Album terakhir Donna Summer bertajuk Crayons dirilis pada tahun 2008. Donna Summer memenangkan banyak penghargaan selama karirnya termasuk lima Grammy. Sebagai penutup, berikut adalah lagu hit Donna Summer berjudul Last Dance.
XS
SM
MD
LG