Tautan-tautan Akses

Mengenalkan Islam Sejak Dini lewat Kamp Musim Panas Anak-anak Muslim

  • Mahatma Putra
  • Patsy Widakuswara

Keluarga Muslim di Amerika menanamkan identitas Islam sejak dini dengan mengikutsertakan anak-anak mereka dalam kamp musim panas Islami.

Di kamp Funtastic di kota Chicago, anak-anak bermain, berolahraga dan beraktivitas dengan teman sebaya mereka, seperti layaknya kamp musim panas lainnya. Tapi, di kamp yang diselenggarakan oleh sebuah yayasan bernama Mosque Foundation Community Center, anak-anak ini belajar mengenai Islam.

"Daripada menghabiskan liburan musim panas mereka dengan hanya bermain, kami memberi mereka kurikulum spesifik," ujar Rozane Shrur, salah seorang pengajar di kamp Funtastic ini.

Namun kurikulum dikemas dengan menarik sehingga anak-anak tidak merasa seperti berada di sekolah, "Tidak ada ulangan atau pekerjaan rumah. Tapi, kami tetap mengajarkan mereka Al-Quran dan Hadits," tambah Shrur.

Anak-anak peserta kamp Funtastic ini berasal dari berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Sebagian dari mereka sudah mengenal Al-Quran dan bahasa Arab. Tapi, ada pula yang tidak paham sama sekali.

Pelajaran agama diberikan melalui berbagai aktivitas, termasuk kegiatan mewarnai seperti ini.

Pelajaran agama diberikan melalui berbagai aktivitas, termasuk kegiatan mewarnai seperti ini.

"Bila mereka tidak punya pengalaman membaca Al-Quran sama sekali, kami akan mengirim mereka ke tingkat paling dasar," jelas Shrur.

Para peserta yang berusia empat hingga 12 tahun dibagi dalam tiga kelompok usia. Kelompok Jingga, untuk anak berusia empat hingga enam tahun, kelompok Merah untuk anak berusia tujuh hingga delapan, dan kelompok Ungu serta Biru untuk anak-anak berumur sembilan hingga 12 tahun.

Bagi para peserta, belajar Islam di kamp musim panas ini berbeda dengan metode belajar di sekolah. Menurut seorang peserta," Pelajaran Al-Quran di sini menyenangkan. Tidak ada menghapal, tidak ada PR, digabungkan dengan berbagai permainan."

Kamp musim panas seperti kamp Funtastic ini menjadi alternatif solusi bagi para orang tua Muslim di AS yang ingin memperkenalkan Islam kepada anak-anak mereka dengan cara yang menyenangkan.

XS
SM
MD
LG