Tautan-tautan Akses

Mencari Teman Kencan Sambil Menikmati Musik Terbaru

  • Associated Press

Jason Derulo tampil di BET Awards, Minggu (28/6).

Jason Derulo tampil di BET Awards, Minggu (28/6).

Sembari mencari kekasih, Anda dapat juga menemukan sesuatu lain di aplikasi perjodohan: musik favorit baru.

Dari Madonna hingga Mariah Carey, semakin banyak artis yang mempromosikan musik baru mereka di aplikasi seperti Tinder dan Match guna menjangkau fans mereka yang keranjingan aplikasi perjodohan. Album baru Madonna diiklankan di Grindr, sebuah aplikasi perjodohan untuk pria gay, sementara Jason Derulo berpaling ke Tinder untuk meluncurkan video klip terbarunya.

Carey membuat halaman profil di situs perjodohan Match.com guna menampilkan video klip single terbarunya, "Infinity," sementara pekan lalu DJ sekaligus produser Afrojack tampil di akun Twitter Match.com selama delapan jam untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai percintaan dan hubungan dengan kekasih sambil mempromosikan single barunya, "SummerThing!"

"Anda ingin menjumpai penggemar dan mereka yang berpotensi menjadi penggemar, di mana mereka berada. Anda tidak dapat hanya berpromosi di iTunes, Anda harus memikirkan cara-cara lain untuk menjangkau khalayak," ujar Joel Simkhai, pendiri dan CEO Grindr.

Simkhai mengatakan awalnya timnya Madonna mengontak Grindr untuk menjajaki kerjasama. Grindr meluncurkan kontes pada hari Valentine, mengajak penggemar untuk mengganti foto profil mereka dengan foto yang memeragakan sampul album "Rebel Heart." Lima pemenang mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam live chat dengan ikon pop itu, yang lalu meluncurkan "Rebel Heart" di bulan Maret.

"Madonna sangat senang bisa chat langsung dengan pengguna Grindr," kata Simkhai. "Itu ide dari dia."

Madonna, yang selama ini selama beberapa dekade terakhir terkenal sebagai pendukung persamaan hak-hak bagi kaum gay, memiliki banyak fans di komunitas tersebut. Grindr juga bekerjasama dengan Lady Gaga tahun 2011, saat ia meluncurkan "Born This Way," dan bahkan menyediakan tautan bagi pengguna untuk mengunduh lagu tersebut dari iTunes.

Zedd, seorang produser dan DJ pemenang Grammy, bekerjasama dengan Tinder untuk mempromosikan album, "True Colors," yang dirilis bulan lalu. Sambil menelusuri profil-profil calon teman kencan, mereka akan ditunjukkan profil Zedd dan bila mereka suka, mereka bisa membeli album tersebut dengan harga diskon $3,99 (sekitar Rp 53.000), sementara di iTunes harganya dua kali lipat.

"Musik adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari milenial, seperti halnya berkenalan online dengan orang baru, sehingga ada tumpang tindih antara keduanya," ujar Phil Schwartz, kepala pemasaran Tinder. Milenial adalah istilah bagi generasi muda yang lahir setelah tahun 1980, dan mencapai usia dewasa pada pergantian abad ke-21.

"Tinder adalah di mana Anda menemukan para milenial, dan bila Anda gabungkan dengan fakta bahwa app ini punya tingkat interaksi yang tinggi, Anda punya sesuatu yang sangat, sangat manjur," tambahnya.

Baik Tinder maupun Interscope Records, perusahaan yang merilis album Zedd, tidak mengungkap berapa jumlah album yang terjual di Tinder, tapi album ini duduk di peringkat No. 4 di tangga album Billboard 200 pada pekan pertamanya.

Schwartz mengatakan 85 persen pengguna Tinder berusia antara 18-34 tahun, dan rata-rata pengguna menggunakan aplikasi ini selama 11 menit per harinya - salah satu alasan Derulo memilih Tinder sebagai platform peluncuran video klip "Want to Want Me."

PlentyofFish juga bekerjasama dengan Derulo, saat Derulo menampilkan situs ini dalam sebuah adegan di video klipnya "Ridin Solo" tahun 2010. Situs perjodohan ini juga tampil di video klip Britney Spears, Flo Rida, Kesha dan Lady Gaga.

Banyak artis lain juga bekerjasama dengan aplikasi perjodohan: seperti Hilary Duff yang menggunakan Tinder untuk mencari teman kencan sungguhan, menampilkan app tersebut dalam video klip terbarunya. Lead singer Limp Bizkit Fred Durst menyutradarai iklan untuk eHarmony - sebuah situs perjodohan lainnya - bekerjasama dengan Natalie Cole dan menggunakan lagu hit-nya "This Will Be" untuk iklan versi TV dan radio.

Setelah kerjasamanya dengan Madonna berlangsung sukses, Grindr,yang memiliki 2 juta pengguna aktif setiap harinya, mengatakan akan menjalin kemitraan dengan promotor konser, Live Nation, mempromosikan konser artis seperti Nicki Minaj dan Idina Menzel.

Grindr juga akan bekerjasama dengan Ciara, Jessie J, Disclosure dan sejumlah artis lainnya melalui Goldenvoice, perusahaan penyelenggara Coachella Valley Music and Arts Festival, yang melangsungkan ratusan konser setiap tahunnya.

"Ini kerjasama yang menguntungkan semua pihak. Pengguna kami sangat tertarik dengan musik dan hiburan," kata Simkhai. "Dan kami selalu berusaha menampilkan hal-hal yang relevan bagi mereka."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG