Tautan-tautan Akses

AS

Memoar Mantan Menhan AS Kecam Keras Wapres


Mantan Menteri Pertahanan AS Robert Gates. (Foto: Dok)

Mantan Menteri Pertahanan AS Robert Gates. (Foto: Dok)

Robert Gates menyebut Joe Biden telah “keliru dalam hampir setiap masalah utama kebijakan luar negeri dan keamanan nasional dalam 40 tahun ini.”

Buku memoar baru yang ditulis oleh mantan menteri pertahanan Amerika Robert Gates menggambarkan Presiden Barack Obama sebagai orang yang mempunyai integritas pribadi, namun skeptis mengenai strategi pemerintahannya sendiri untuk menambah pasukan di Afghanistan dan secara terbuka tidak percaya pada para pemimpin militer.

Kutipan dari bukunya yang berjudul “Duty: Memoirs of a Secretary of War,” dimuat Selasa (7/1) dalam harian New York Times dan Washington Post.

Gates, seorang anggota Partai Republik yang tetap memegang jabatan menteri pertahanan sejak pemerintah George W. Bush dan selama dua tahun dalam pemerintahan Obama, menulis ia tidak pernah meragukan dukungan Obama pada pasukan, “hanya dukungannya pada misi mereka.”

Dalam satu kutipan yang dimuat harian New York Times, Gates menulis bahwa Obama mempertanyakan kemampuan panglimanya di lapangan di Afghanistan, Jenderal David Petraeus, dan mengutarakan keraguan mengenai apakah ia dapat bekerja sama dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai.

Tetapi kemudian dalam memoar itu, Gates mengatakan “Obama benar” dalam keputusan-keputusannya mengenai Afghanistan.

Gates mengecam keras Wakil Presiden Joe Biden, dengan menyebutnya “orang yang mempunyai integritas” tetapi telah “keliru dalam hampir setiap masalah utama kebijakan luar negeri dan keamanan nasional dalam 40 tahun ini.”
XS
SM
MD
LG