Tautan-tautan Akses

Presiden Meksiko, Singapura akan Serukan Ratifikasi TPP


Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto (kiri) menyambut tamunya Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam dalam upacara kehormatan di Mexico City, Jumat (10/6).

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto (kiri) menyambut tamunya Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam dalam upacara kehormatan di Mexico City, Jumat (10/6).

Presiden Singapura Tony Tan sedang berada di Meksiko, kunjungan pertama oleh seorang kepala negara Singapura ke Amerika Latin.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan hari Jumat (10/6) bahwa ia bersama presiden Singapura Tony Tan akan mempromosikan ratifikasi Pakta Perdagangan Trans Pasifik atau TPP.

Presiden Tan sedang berada di Meksiko, kunjungan pertama oleh seorang kepala negara Singapura ke negara Amerika Latin.

Selesai pembicaraan di istana negara di Mexico City, Pena Nieto mengatakan kedua pihak sepakat memperluas hubungan bilateral, memperkuat hubungan antara Asia Tenggara dan Amerika Latin serTa ‘mempromosikan ratifikasi’ TPP.

Di pihaknya, Tony Tan memuji serangkaian reformasi ekonomi dan energi yang dilakukan Nieto sejak tahun 2012. Reformasi itu, katanya, telah memperbanyak peluang bagi perdagangan dan investasi, dan ratifikasi TPP bakal meningkatkan peluang tersebut.

Apabila sudah diratifikasi oleh 12 negara peserta, pendukung TPP mengatakan perjanjian itu akan menurunkan tarif dan rintangan perdagangan bagi 40% ekonomi global dan menciptakan kawasan perdagangan bebas terbesar di dunia.

Ke-12 negara penandatangan perjanjian adalah Australia, Brunei, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Vietnam dan Amerika. [sp]

XS
SM
MD
LG