Tautan-tautan Akses

Meksiko Selidiki Tuduhan Kegiatan Mata-mata AS


Menlu Meksiko, Jose Antonio Meade dalam konferensi pers di Jenewa (22/10).
Menlu Meksiko, Jose Antonio Meade dalam konferensi pers di Jenewa (22/10).

Meksiko sedang menyelidiki tuduhan bahwa Amerika Serikat memata-matai Enrique Pena Nieto sebelum ia terpilih sebagai presiden negara itu, dan juga pendahulunya, Felipe Calderon.

Menteri Dalam Negeri Meksiko, Miguel Angel Osorio Chong, mengatakan ia memerintahkan penyelidikan itu untuk mengetahui apakah spionase tersebut memang dilakukan dan apakah ada pejabat Meksiko yang terlibat.

Sewaktu berbicara di Jenewa, Menteri Luar Negeri Meksiko Jose Antonio Meade mengatakan Presiden Amerika Barack Obama telah menjanjikan Pena Nieto suatu penyelidikan atas keprihatinan Meksiko itu sebagai bagian dari penyelidikan yang lebih luas mengenai pengumpulan data intelijen Amerika.

Meade mengatakan ia akan memanggil duta besar Amerika untuk menekankan dengan tegas bahwa penyelidikan yang dijanjikan Presiden Obama perlu dibuka dan diperluas.

Mingguan Jerman "Der Spiegel" hari Minggu melaporkan bahwa Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) mulai memata-matai email para pejabat Meksiko sejak Mei 2010.

Der Spiegel menyatakan informasi tersebut berasal dari sebuah dokumen rahasia yang dibocorkan mantan kontraktor NSA Edward Snowden, yang kini tinggal di Rusia.
XS
SM
MD
LG