Tautan-tautan Akses

Meksiko Bebaskan Gembong Narkoba


Gembong narkoba Meksiko, Rafael Caro Quintero (Foto: dok).

Gembong narkoba Meksiko, Rafael Caro Quintero (Foto: dok).

Gembong narkoba Rafael Caro Quintero dibebaskan setelah menjalani 28 tahun dari 40 tahun hukuman penjara yang dijatuhkan kepadanya pada tahun 1985, karena membunuh seorang agen DEA Amerika.

Pengadilan Meksiko secara tidak terduga mengubah hukuman Rafael Caro Quintero, dengan memutuskan bahwa ia seharusnya diadili di pengadilan federal dan bukan pengadilan sipil atas pembunuhan Enrique Camarena. Caro Quintero secara diam-diam keluar dari penjara Jum’at dini hari.

DEA mengatakan “sangat gusar” dengan keputusan pengadilan Meksiko tersebut, dan menyebut Caro Quintero sebagai “otak dan pengatur penculikan, penyiksaan dan pembunuhan” Camarena. DEA mengatakan “akan terus melanjutkan” upaya untuk memastikan agar Caro Quintero menghadapi gugatan di Amerika atas kejahatan yang dilakukannya.

Kantor kejaksaan Meksiko dalam sebuah pernyataan mengatakan tidak sepakat dengan keputusan pengadilan dan sedang menyelidiki alternatif hukum yang ada.

Tindakan penculikan, penyiksaan dan pembunuhan Camarena membuat hubungan Amerika – Meksiko tegang. Pejabat-pejabat Amerika menuduh mitra-mitra mereka di Meksiko membiarkan pembunuh Camarena kabur. Caro Quintero akhirnya ditangkap di Costa Rica.

Caro Quintero adalah salah seorang pendiri salah satu kartel narkoba paling tua dan paling luas di Meksiko. Ia masih terdaftar sebagai salah seorang buronan paling dicari DEA. Pihak berwenang Amerika yakin Caro Quintero tetap mengontrol pencucian uang hasil perdagangan narkoba dari penjara.
XS
SM
MD
LG