Tautan-tautan Akses

AS

Meksiko, AS, dan Kanada Berjanji Galakkan Ekonomi


Presiden AS Barack Obama bersama Perdana Menteri Kanada Stephen Harper (kanan) dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dalam pertemuan di Toluca, Meksiko. (Reuters/Henry Romero)

Presiden AS Barack Obama bersama Perdana Menteri Kanada Stephen Harper (kanan) dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dalam pertemuan di Toluca, Meksiko. (Reuters/Henry Romero)

Obama, Harper dan Nieto menyebut Amerika Utara “termasuk kawasan yang paling bersaing dan dinamis di dunia”.

Ketiga pemimpin negara-negara Amerika Utara telah berjanji membuka bab baru dalam kemitraan mereka, yang menggalakkan pertumbuhan ekonomi yang berbasis luas, supaya kawasan itu dapat menegakkan standar dunia yang baru untuk perdagangan, pendidikan, pertumbuhan berkelanjutan dan inovasi.

Presiden AS Barack Obama, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menyebut Amerika Utara “termasuk kawasan yang paling bersaing dan dinamis di dunia” ketika mereka bertemu Rabu (19/2) di Toluca, Meksiko, dalam pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara.

Obama mengatakan ia sedang berusaha dengan kedua rekannya untuk meningkatkan perdagangan, termasuk dengan menanam modal dalam penyeberangan perbatasan supaya barang dapat sampai ke pasar lebih cepat. Ia mengatakan ketiga negara ingin menggunakan dengan lebih baik kelebihan daya saing mereka dan menciptakan lebih banyak pekerjaan.

Presiden Amerika juga mengatakan negara-negara bertetangga itu akan berusaha mengurangi emisi gas yang menaikkan suhu global, dan menyebut dasar ilmiah perubahan iklim global “tidak terbantah.”

Harper mengatakan banyak yang dapat dilakukan untuk membina keberhasilan Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara dan bahwa ketiga pemimpin sependapat mengenai perlunya meningkatkan perdagangan kawasan Pasifik.
XS
SM
MD
LG