Tautan-tautan Akses

Media Turki Siarkan Video Tersangka Penembak dalam Klub Malam


Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus (Foto: dok).

Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus (Foto: dok).

Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus, mengatakan kepada para wartawan hari Senin (2/1) bahwa pihak berwenang sudah memperoleh sidik jari dan gambaran dasar pria bersenjata itu.

Media Turki telah menyiarkan video seorang pria yang mereka katakan orang bersenjata yang dicurigai membunuh 39 orang dalam serangan Tahun Baru di sebuah klub malam Istanbul.

Video itu tampaknya dari sebuah telepon genggam yang dibawa pria itu, ketika ia berjalan kaki sekitar lapangan Taksim, Istanbul. Ia menggunakan banyak waktunya melihat ke kamera, tetapi tidak berbicara. Tidak jelas kapan video itu direkam.

Pihak berwenang sebelumnya merilis gambar kabur tersangka penembak yang diambil dari rekaman video keamanan.

Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus, mengatakan kepada para wartawan, Senin (2/1) bahwa pihak berwenang sudah memperoleh sidik jari dan gambaran dasar pria bersenjata itu. Ia juga mengukuhkan bahwa delapan orang telah ditahan sehubungan dengan serangan maut itu.

Serangan tersebut mulai Minggu dini hari ketika pria bersenjata itu menembak seorang polisi dan seorang warga sipil di luar klub malam Reina sebelum memasukinya.

Ada sekitar 600 orang, banyak dari mereka orang asing dalam klub itu pada waktu itu, sebagian dari mereka melompat ke selat Bosporus untuk menyelamatkan diri.

Pihak berwenang mengatakan si penembak berbaur dengan orang yang keluar dari klub itu. Di samping korban yang tewas, ada kira-kira 70 orang cedera. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG