Tautan-tautan Akses

Media Rusia: Alasan Keamanan Batalkan Pertemuan Kim-Medvedev


Media Korsel menyebut alasan kesehatan menyebabkan batalnya kunjungan Kim Jong il (tengah) ke Rusia.

Media Korsel menyebut alasan kesehatan menyebabkan batalnya kunjungan Kim Jong il (tengah) ke Rusia.

Surat kabar Rusia, Conversant, mengatakan Kim Jong-il membatalkan kunjungan setelah berita pertemuan rahasia itu bocor ke media.

Rusia dan media Asia Timur memberikan penjelasan yang bertolak-belakang hari Kamis mengenai alasan pembatalan pertemuan puncak rahasia antara Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il.

Kedua pemerintah tidak pernah mengukuhkan bahwa pertemuan tersebut akan dilakukan, meskipun beberapa kantor berita mengutip sumber-sumber Rusia mengatakan kedua orang itu akan bertemu dalam kunjungan Medvedev saat ini di Vladivostok. Televisi Jepang, Fuji, mengatakan pihak Rusia telah membentangkan permadani dan mendirikan pagar di tempat penyeberangan di perbatasan dekat kota di Timur Jauh itu.

Surat kabar Korea Selatan, Chosun, mengutip sumber-sumber diplomatik di negara itu mengatakan sebuah kereta api lapis baja yang diyakini mengangkut Kim tidak jadi bertolak keluar dari Pyongyang hari Rabu tetapi berbalik tanpa pernah mencapai perbatasan.

Surat kabar Rusia, Conversant, mengutip sumber-sumber Kremlin yang mengatakan Kim secara mendadak mengubah pikirannya mengenai kunjungan itu disebabkan keprihatinan keamanan setelah berita tentang kunjungan itu bocor ke media internasional.

Sementara itu media Korea Selatan mengutip beberapa pejabat di negara itu yang berspekulasi bahwa Kim membatalkan kunjungan itu disebabkan masalah kesehatan atau pertikaian dengan Rusia mengenai agenda tersebut.

XS
SM
MD
LG