Tautan-tautan Akses

Media Iran: Warga Iran Tidak Dapat Naik Haji Tahun Ini


Ka'bah, Mekah (Foto: dok.)

Ka'bah, Mekah (Foto: dok.)

Media pemerintah Iran mengatakan hari Minggu (29/5) bahwa warga Iran tidak akan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini karena Iran tidak dapat mencapai persetujuan dengan Arab Saudi.

Menurut IRNA, Menteri Kebudayaan dan Pedoman Islam, Ali Jannati, mengatakan keputusan tersebut diambil setelah tingkah laku Riyadh terhadap delegasi Iran yang telah datang ke Arab Saudi untuk merundingkan persetujuan haji tahun ini.

Menteri itu mengatakan “kita menunggu jawaban dari para pejabat Saudi sampai hari ini, tetapi mengingat tingkah laku mereka dalam dua babak perundingan dengan delegasi Iran dan hambatan yang mereka ciptakan, Jemaah haji Iran tidak menunaikan ibadah itu tahun ini.”

Ia mengatakan pengumuman resmi akan dikeluarkan hari Senin.

Namun, media lain melaporkan masih ada peluang untuk merundingkan persyaratan bagi warga Iran untuk beribadah haji, satu kewajiban bagi Muslim yang taat sekali seumur hidup kalau mereka mampu.

Hubungan antara Iran dan Arab Saudi telah merenggang setelah lebih 400 warga Iran tewas terinjak-injak dalam musim haji tahun lalu.

Hubungan juga tegang karena Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran setelah demonstran Iran menyerbu kedutaan Saudi di Teheran setelah Riyadh mengeksekusi seorang ulama Syiah.

Muslim di Iran sebagian besar Syiah, sementara mayoritas Muslim di Arab Saudi adalah Sunni. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG