Tautan-tautan Akses

Media China: Keprihatinan Meningkat atas Wartawan yang Ditahan


Media pemerintah China telah melaporkan peningkatan keprihatinan tentang nasib wartawan Chen Youngzhou (foto; ilustrasi).

Media pemerintah China telah melaporkan peningkatan keprihatinan tentang nasib wartawan Chen Youngzhou (foto; ilustrasi).

Media pemerintah China telah melaporkan peningkatan keprihatinan tentang nasib Chen Youngzhou, wartawan yang ditahan polisi di China selatan pekan lalu.

Media pemerintah China telah melaporkan peningkatan keprihatinan tentang nasib seorang wartawan yang ditahan polisi di China selatan pekan lalu atas laporannya tentang dugaan korupsi di sebuah perusahaan milik negara.

Chen Youngzhou ditahan Jumat lalu di Guangzhou, di mana dia telah menulis belasan artikel untuk suratkabar New Express, mengritik perusahaan konstruksi Zoomlion. Perusahaan itu berbasis di kota Changsha, di China selatan.

Media China mengatakan polisi dari Changsha menahan Chen di Guangzhou atas kecurigaan mencemarkan nama baik sebuah perusahaan. Keberadaannya tidak diketahui.

Dalam laporan-laporan yang diterbitkan hari Kamis, kantor berita resmi mengatakan regulator media pemerintah China menyatakan “prihatin” atas nasib wartawan itu. Perhimpunan Pers dan Penerbitan mengatakan pihaknya “mendukung tegas media yang melakukan aktivitas pelaporan normal…dan tegas-tegas melindungi hak-hak hukum wartawan.”

Kantor berita resmi juga mengatakan Perhimpunan Wartawan China yang didukung pemerintah pusat mengimbau polisi agar menangani kasus Chen “sesuai hukum, menjamin keselamatan wartawan itu dan mencegah pengakuan secara paksa dengan penyiksaan.”
XS
SM
MD
LG