Tautan-tautan Akses

AS

Media AS dan Inggris Serukan Grasi bagi Snowden


Dua harian AS dan Inggris mengimbau pemerintah AS memberikan pengampunan bagi Edward Snowden (foto: dok).

Dua harian AS dan Inggris mengimbau pemerintah AS memberikan pengampunan bagi Edward Snowden (foto: dok).

Surat kabar AS, The New York Times dan surat kabar Inggris The Guardian mengimbau pemerintah AS memberikan pengampunan bagi Edward Snowden.

Surat kabar The New York Times dan surat kabar Inggris The Guardian mengimbau pengampunan bagi Edward Snowden, mantan pegawai kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika atau NSA yang membocorkan sejumlah besar data-data tentang pengintaian rahasia yang dilakukan pemerintah Amerika.

Snowden usia 30 tahun yang tinggal dalam suaka di Rusia karena Amerika berusaha membawanya pulang untuk menghadapi tuduhan mata-mata dan terancam dipenjara dalam waktu lama jika ia dinyatakan bersalah.

Dalam sebuah artikel editorial hari Kamis, The New York Times mengatakan Snowden mungkin telah melakukan kejahatan, namun katanya "ia telah melayani negaranya dengan hebat" dengan memberi rakyat Amerika informasi luas pertama tentang ruang lingkup program pengawasan yang dilakukan oleh NSA.

The New York Times mengatakan Presiden Amerika Barack Obama harus mengarahkan "para stafnya agar mulai mencari cara untuk mengakhiri fitnah terhadap Snowden."

Surat kabar The Guardian mengatakan pengungkapan Snowden terhadap informasi itu merupakan "tindakan keberanian moral," dan Obama harusnya membiarkan Snowden "untuk kembali ke Amerika dengan hormat."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG