Tautan-tautan Akses

McDonald's di AS, Kanada Hanya akan Sajikan Telur Ayam Kampung Mulai 2025


Ayam-ayam yang diternakkan tanpa menggunakan antibiotik di Lebanon, Pennsylvania.

Ayam-ayam yang diternakkan tanpa menggunakan antibiotik di Lebanon, Pennsylvania.

McDonald's AS Maret lalu mengumumkan rencana untuk menghapus daging dari ayam-ayam yang mengkonsumsi antibiotik yang dipakai untuk melawan infeksi manusia.

Sebanyak 16.000 restoran milik McDonald's Corp di AS dan Kanada hanya akan menyajikan telur yang dihasilkan oleh ayam-ayam yang tidak dikandangkan alias ayam kampung dalam 10 tahun mendatang, menurut perusahaan tersebut Rabu (9/9).

McDonald's AS telah membeli lebih dari 13 juta telur ayam kampung per tahun sejak 2011. Pergeseran yang dinanti sejak lama ini terjadi di saat para pemasok telur di Amerika Utara perlahan mulai membangun kembali ternaknya menyusul wabah flu burung terburuk dalam sejarah AS.

Langkah itu diambil di saat McDonald's, waralaba restoran terbesar di dunia, sedang bersiap menyajikan makanan sarapan sepanjang hari di semua toko di AS bulan Oktober.

McDonald's AS, yang berjuang mengatasi penurunan penjualan, membuat kejutan bulan Maret lalu dengan mengumumkan rencana dua tahun untuk menghapus secara perlahan daging dari ayam-ayam yang mengkonsumsi antibiotik yang dipakai untuk melawan infeksi manusia.

McDonald's membeli sekitar dua miliar telur setiap tahun untuk restoran-restorannya di AS dan 120 juta untuk Kanada untuk menyajikan makanan sarapan seperti Egg McMuffin dan Egg White Delight.

Pesaingnya Burger King sudah berkomitmen untuk hanya menggunakan telur ayam kampung tahun 2017. Perusahaan-perusahaan besar lainnya, seperti Starbucks Corp, General Mills Inc, Nestle, Sodexo Inc dan Aramark juga dalam proses pergeseran.

Grup-grup perlindungan binatang seperti Humane Society of the United States (HSUS), Mercy for Animals dan World Animal Protection telah berhasil melobi banyak perusahaan untuk mengadopsi praktik-praktik kesejahteraan hewan.

Kelompok-kelompok tersebut telah mendapatkan komitmen dari hampir 100 perusahaan besar untuk menghapus kandang-kandang kecil untuk ternak.

Selebritis-selebritis seperti bintang film Ryan Gosling telah bekerjasama dengan HSUS untuk menekan Costco Wholesale Corp untuk tidak menggunakan telur dari ayam-ayam yang terkungkung kandang. HSUS mengatakan Costco telah berkomitmen atas hal itu, tapi belum menetapkan waktu untuk transisi secara penuh. HSUS mengatakan pesaing Costco, Wal-Mart Stores Inc juga belum menetapkan jadwal.

Perusahaan-perusahaan AS, dipimpin oleh penjual burrito Chipotle Mexican Grill Inc dan merek-merek populer lainnya, semakin banyak menggunakan bahan-bahan dari pemasok yang bersumpah telah memberlakukan praktik-praktik yang manusiawi dan berkelanjutan terkait lingkungan hidup.

Para pemilih di California pada 2008 mengesahkan aturan yang mewajibkan semua telur yang dijual di negara bagian itu berasal dari ayam-ayam yang tinggal dalam tempat yang luas. Aturan itu mulai berlaku 1 Januari dan negara-negara bagian lain sejak saat itu telah mengikutinya.

XS
SM
MD
LG