Tautan-tautan Akses

AS

McConnell Lanjutkan sebagai Pemimpin Mayoritas Senat AS


Senator Mitch McConnel (kiri) dan Chuck Schumer (foto: dok).

Senator Mitch McConnel (kiri) dan Chuck Schumer (foto: dok).

Sementara di kubu Demokrat, Senator Chuck Schumer terpilih sebagai pemimpin minoritas Senat AS, menggantikan Senator Nevada Harry Reid yang pensiun.

Posisi pemimpin di Senat Amerika akan diisi untuk masa sidang baru yang dimulai awal Januari. Ini mencerminkan keseimbangan kekuasaan yang ditentukan dalam pemilu yang diselenggarakan di Amerika pekan lalu.

Politisi kawakan, Senator New York dari partai Demokrat Chuck Schumer, dengan suara bulat terpilih sebagai pemimpin minoritas hari Rabu. Ia menggantikan Senator Nevada Harry Reid yang pensiun.

Schumer mengatakan partainya siap bekerjasama dengan presiden terpilih dari partai Republik Donald Trump.

Menunjukkan sikap progresif partainya, Schumer menambahkan Bernie Sanders dan Elizabeth Warren ke dalam tim kepemimpinan barunya yang diperluas.

Di kubu partai Republik, Senator Kentucky Mitch McConnell akan melanjutkan tugasnya sebagai pemimpin mayoritas.

Fraksi Republik menguasai Gedung Putih, DPR dan Senat pada tahun mendatang. Tetapi yang menjadi kendala bagi mereka adalah di Senat, di mana mereka mendominasi dengan perbandingan tipis, 52 berbanding 48 Senator Demokrat.

Schumer harus dapat mencegah partai Republik mencapai 60 suara yang mereka perlukan untuk meloloskan legislasi.

Pimpinan baru Kongres akan mulai bertugas sebelum pelantikan Trump sebagai presiden ke-45 Amerika pada 20 Januari mendatang. [uh/ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG