Tautan-tautan Akses

Bertemu SBY, Senator AS Apresiasi Penyelenggaraan Pemilu di Indonesia


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Selasa (12/8) menerima kunjungan Senator AS John McCain di Kantor Presiden di Jakarta (foto courtesy: Sekretariat Kabinet RI).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Selasa (12/8) menerima kunjungan Senator AS John McCain di Kantor Presiden di Jakarta (foto courtesy: Sekretariat Kabinet RI).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Selasa (12/8) menerima kunjungan Senator AS John McCain di Kantor Presiden di Jakarta.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Senator Amerika Serikat John McCain, di Kantor Presiden di Jakarta, Selasa (12/8). Senator John McCain dari Partai Republik itu datang mengunjungi Presiden SBY didampingi Duta Besar AS, Robert O. Blake.

Sementara Presiden SBY dalam kesempatan itu didampingi oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, serta Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Juru bicara Presiden bidang luar negeri, Teuku Faizasyah usai pertemuan menjelaskan, Senator AS John McCain menyatakan kekagumannya terhadap pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan Presiden yang telah berlangsung secara demokratis dan aman.

Faizasyah mengatakan, "Mereka menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pemilu yang sangat berjalan dengan baik. Terlepas dari proses di Mahkamah Konstitusi yang sedang berjalan, tetapi secara umum dunia internasional mengakui bahwa penyelenggaraan pemilu sudah berlangsung secara fair dan adil."

Faizasyah menambahkan Senator McCain juga menyampaikan harapannya atas proses transisi pemerintahan Indonesia dalam waktu dekat ini akan berlangsung dengan baik.

"Senator MCain juga menyampaikan harapan proses kedepannya transisi pemerintahan berlangsung dengan baik. Diharapkan juga ada penyampaian atas capaian-capaian atas pemerintahan yang akan datang. Presiden Yudhoyono sudah berkomitmen terkait capaian yang sudah dicapai Indonesia - Amerika Serikat, terkait pula isu-isu pending yang harus diselesaikan oleh pemerintah yang akan datang," tambah Faizasyah.

Presiden lanjut Faizasyah juga menjelaskan kepada Senator John McCain upaya pemerintah dalam meningkatkan postur dan kemampuan tentara, termasuk penambahan, dan modernisasi sistem persenjataan TNI.

Dalam pertemuannya itu, Presiden juga mendapatkan masukan dari Senator McCain mengenai berbagai hal, di antaranya kerjasama militer, situasi terkini di kawasan Laut China Selatan, Afghanistan, Timur Tengah terutama di Libya, Irak, Suriah, dan Palestina.

Menurut Faizasyah, Presiden SBY juga menyampaikan kepada McCain bahwa pemerintah Indonesia ingin meningkatkan kerjasama dengan Amerika Serikat dalam bidang pencegahan dan pemberantasan kejahatan antarbangsa, terutama terorisme. Dalam kesempatan itu, Presiden SBY mengatakan harapannya untuk terus bekerjasama dan kemitraan dalam KTT ASEAN, APEC, dan sejumlah forum regional, dan dunia lainnya.

Sebelumnya, Presiden menegaskan tekad Indonesia untuk mengajak Amerika meningkatkan hubungan bilateral, khususnya di bidang pendidikan, maritim, perdagangan, investasi, dan perubahan iklim.

Senator John McCain dalam keterangan persnya di Kantor Presiden Jakarta menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Pemilu di Indonesia dan peningkatan hubungan kerjasama bilateral antar kedua Negara diantaranya di bidang militer.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami bisa melangsungkan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kami juga sampaikan selamat atas penyelenggaraan Pemilu di Indonesia yang jujur dan adil. Kami juga membahas peningkatan kerjasama kedua negara di antaranya hubungan militer kedua negara," papar McCain.

Sebelumnya pada hari Senin (11/8), Senator John McCain telah bertemu dengan Ketua MPR Sidarto Danusubroto dan pimpinan MPR lainnya, serta pimpinan Komisi 1 DPR bidang pertahanan.

XS
SM
MD
LG