Tautan-tautan Akses

Max Gunawan, Pencipta Lumio, Lampu Portable Berbentuk Buku


Max Gunawan adalah pencipta lampu “Lumio” yang dapat dilipat seperti buku dan digunakan di mana saja dengan memakai baterai yang dapat bertahan selama 8 jam.

Max, warga Indonesia asal Jakarta yang telah 16 tahun menetap di Amerika, sebelumnya berprofesi sebagai arsitek. Ia kemudian meninggalkan pekerjannya akhir tahun 2012 untuk menekuni desain produk dan mendirikan “Lumio.”

“Sebagai orang Indonesia, dulu saya dibesarkan untuk mempunyai sebuah pekerjaan tetap, kerja di kantor. Jadi memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha adalah keputusan besar bagi saya. Saya sering berpikir, mengapa saya menjadi pengusaha dan bagaimana kalau saya gagal ya? Tapi saya tidak punya pilihan lain, saya tidak bahagia dengan pekerjaan saya dulu,” kata Max menceritakan awalnya ia mengambil keputusan untuk menjadi seorang pengusaha.

Proses yang dilalui Max untuk menciptakan Lumio cukup panjang. Dan baginya yang paling sulit adalah menciptakan produk yang sederhana namun berguna. “I want to create something very simple and functional,” tambah Max.

Max mendapatkan modal pertamanya melalui situs pencari modal, “Kick Starter” awal tahun 2013. Dalam sebulan, ia berhasil mengumpulkan modal hampir 600 ribu dolar, 10 kali lipat dari yang diharapkannya.

Keberhasilannya ini menarik perhatian sebuah acara reality TV di jaringan televisi ABC, “Shark Tank” yang tayang di jam utama. Di acara ini, Max menawarkan “Lumio” kepada 5 investor untuk mendapatkan tambahan suntikan modal. Ia berhasil merebut perhatian kelimanya yang ingin menanamkan modal mereka.

Dalam waktu satu jam saat acara tayang, penjualan “Lumio” langsung terdongkrak dan banyak dilirik perusahaan-perusahaan lain. Ini sekaligus memunculkan banyak produk serupa yang kemudian ditawarkan lebih murah.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat Max. Ia mengatakan, “Akan selalu ada copycat, kalau saya terus pusing dengan mereka, saya akan kehilangan semangat dan tidak bisa maju. Jadi saya hanya harus terus mencari inovasi baru dan menciptakan produk kreatif.”

Keberhasilannya saat ini tak membuat Max berpuas diri. Ia akan meluncurkan versi mini “Lumio” yang juga dapat dipakai sebagai charger untuk ponsel. Max juga tengah mengembangkan desain furnitur multi fungsi bagi ruang yang terbatas.

“Kesuksesan itu bukan suatu konsep yang statis, hanya sementara. Hanya karena Anda sukse, Anda tidak boleh kehilangan misi untuk masa depan. Begitu juga sebaliknya, kalau gagal, kegagalan juga tidak akan menghampiri kita selamanya. Mungkin setelah berusaha untuk kedua kalinya, ketiga kali baru kesuksesan datang. Jadi kita hanya harus terus gigih, Bagi saya kegigihan itu sangat penting,” tambah Max.

Bagi Max, tujuan utamanya bukan uang, Selama ia bisa bahagia dengan apa yang ia kerjakan dan bisa meneruskan bisnisnya sekarang, ia kan terus menciptakan produk-produk baru yang berguna bagi orang lain. Itulah kepuasan utama bagi Max.

XS
SM
MD
LG